Militer Suriah Berhasil Kuasai Sebagian Wilayah Idlib dari Tangan Pasukan Teroris

Pecihitam.org – Sebagian wilayah di Provinsi Idlib dan beberapa desa berhasil dikuasai Pasukan Arab Suriah (SAA) dari tangan kelompok-kelompok pemberontak dan teroris.

Menurut lapotan Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), dilansir dari Liputan Islam, Rabu, 26 Februari 2020, tentara Suriah kembali menguasai distrik Kfar Nabl di bagian selatan Idlib pada Selasa, 25 Februari 2020.

Distrik Kfar Nabl semula dikuasai oleh pasukan pemberontak dan teroris bersenjata itu sejak tahun 2012, atau sekira satu tahun setelah dimulainya perang di Suriah.

“SAA terus menggempur kawasan-kawasan di selatan Provinsi Idlib setelah melakukan persiapan darat dan udara, dan berhasil menguasai distrik Kfar Nabl bersamaan dengan intensitas serangan darat dan udara,” ungkap SOHR.

Baca Juga:  Presiden Erdogan Ancam Bakal Serang Pasukan Suriah, Rusia Ikut Bereaksi

Diketahui, distrik Kfar Nabl merupakan salah satu sarang Jabhat al-Nusra di kawasan Jabal Zawiyah.

Dengan keberhasilan pasukan Suriah menguasai wilayah itu maka pertempuran mengalami babak baru yang memperkuat kemungkinan militer Arab Suriah akan dapat menguasai seluruh kawasan Jabal Zawiyah.

Sebelumnya, pasukan Arab Suriah juga berhasil memperluas kekuasaannya atas distrik strategis Has setelah bertempur sengit melawan kelompok teroris Jabhat al-Nusra, Ansar al-Tauhid, dan lain-lain yang bersekutu dengan keduanya di Idlib.

Berdasarkan laporan dari SOHR, puluhan militan tewas dalam pertempuan di Has.

Sejauh ini, pasukan Arab Suriah telah menguasai separuh wilayah Provinsi Idlib dalam operasi militer besar-besaran darat dan udara sejak Desember 2019. 

Baca Juga:  Gus Mus: Kesetiaan NU Bukan Kepada Pemerintah, Tapi Pada Negara
Muhammad Fahri