Militer Yaman Luncurkan Serangan Rudal, Gempur Provinsi Ma’rib

Pecihitam.org – Usai mengambil alih provinsi strategis al-Jawf, yang berbatasan dengan Arab Saudi, militer Yaman saat ini sedang berusaha membebaskan pusat provinsi Ma’rib.

Dilansir dari saluran al-Mayadeen, lewat Liputan Islam, Sabtu, 7 Maret 2020, anggota Dewan Tinggi Politik Yaman, Mohammed al-Bukhaiti, mengatakan bahwa kemenangan pihaknya di provinsi al-Jawf hampir pasti.

“Kemenangan kami di Kami sekarang telah mengarahkan mata pada pertempuran untuk Ma’rib,” ujarnya.

Bersama kelompok pejuang Lijan Shaabiyah yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah/Houthi, tentara Yaman berhasil merebut al-Hazm, ibu kota provinsi al-Jawf pada awal pekan ini.

Perkembangan ini dinilai berpotensi mengubah permainan, dan memungkinkan pasukan Yaman untuk mengepung provinsi strategis Ma’rib yang kaya minyak.

Baca Juga:  Pasukan Yaman Berhasil Kuasai Provinsi Ma'rib dari Tangan Tentara Bayaran Saudi

Keamanan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), kata Al-Bukhaiti, hanya akan dijamin apabila dua negara yang bersekutu dalam memerangi Yaman ini menghormati kedaulatan Yaman.

Sementara itu, menurut laporan lainnya menyebutkan bahwa pasukan Yaman telah melesatkan rudal-rudal balistiknya ke tempat-tempat konsentrasi pasukan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi dan pasukan koalisi pimpinan Saudi di Ma’rib.

“Rudal-rudal balistik telah menyasar kamp militer al-Ruwaik dan Tadawin, serta menimpa sasarannya dengan sangat akurat,” ungkap sumber militer di Ma’rib.

Diketahui, dalam beberapa hari terakhir tentara Yaman dan Lijan Shaabiyah menyisir sejumlah distrik di provinsi Al-Jawf dari keberadaan pasukan bayaran koalisi Saudi-UEA, dan sebanyak puluhan pasukan bayaran itu tewas dan luka.

Baca Juga:  Baru Saja Gencatan Senjata, Israel Malah Blokir Semua Perlintasan Jalur Gaza Palestina

Sementara yang selamat terpaksa kabur ke kawasan gurun yang terletak di antara Provinsi Jawf dan Provinsi Ma’rib.