Minus Indonesia, Arab Saudi Resmi Terbitkan Visa Turis 49 Negara

Arab Saudi

Pecihitam.org – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Arab Saudi membuka untuk wisatawan mancanegara dengan membuka program visa kunjungan untuk 49 negara di seluruh dunia.

Kebijakan ini dikeluarkan untuk meningkatkan pendapatan Kerajaan di sektor pariwisata.

“Untuk pertama kalinya kami membuka petualangan, warisan, dan sejarah bagi orang-orang yang akan mengunjungi Arab Saudi sebagai turis,” kata Ketua Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi, Ahmed al-Khateeb, dikutip dari laman Arab News, Rabu, 2 Oktober 2019.

Dengan program tersebut, kata Ahmed, masyarakat dunia dari 49 negara bisa mengajukan visa kunjungan wisata secara online portal visa elektronik (eVisa) atau visa on arrival ketika mereka tiba di Arab Saudi dengan tariff 80 dolar AS atau sekitar Rp1,1 juta per orang.

Baca Juga:  Masih Ngaku Jubir HTI dan Kampanyekan Khilafah, Ismail Yusanto Dipolisikan

Visa online ini memungkinkan para turis untuk tinggal di Saudi selama 90 hari. eVisa merupakan multiple entry yang berlaku selama setahun.

Namun sayangnya, dari 49 negara tersebut, Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Kendati demikian, turis dari Indonesia atau negara-negara yang tidak masuk daftar tersebut masih bisa menghubungi pihak kedutaan besar masing-masing negara untuk mengurusnya.

Lewat program ini, Ahmed mengatakan, Arab Saudi hendak meningkatkan kontribusi ekonomi dari sektor pariwisata yang saat ini hanya 3 persen menjadi 10 persen dari PDB pada 2030.

“Di samping itu, Saudi juga menargetkan peningkatakan kunjungan internasional dan domestik menjadi 100 juta per tahun pada waktu yang sama,” ujarnya.

Baca Juga:  Tanamkan Ajaran Aswaja Sejak Dini, Ansor Cegah Penyebaran Paham Radikalisme

Adapun 49 negara yang terdaftar dalam program visa kunjungan ke Arab Saudi yakni Brunei, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Kazakhstan, China (Hong Kong, Macao, Taiwan), Oseania, Australia, Selandia Baru, Eropa, Swiss, Irlandia, Liechtenstein, Lithuania, Monaco, Andorra, Rusia, Malta, Montenegro, San Marino, Ukraina, Inggris Raya, Portugal, Polandia, Austria, Belgia, Bulgaria, Rumania, Slovakia, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Spanyol, Swedia, Denmark, Estonia, Finlandia, Norwegia, Luksemburg, Prancis, Jerman, Yunani, Slovenia, Belanda, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Amerika Utara, Kanada, dan Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.