PBNU Bangga Kardinal Ignatius Suharyo Dilantik Jadi Uskup Agung Jakarta

PBNU

Pecihitam.org – Pelantikan Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo menjadi Kardinal mendapat apresiasi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Apresiasi disampaikan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. NU, kata Helmy, menilai pengangkatan Ignatius menjadi Kardinal, merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia, tidak sebatas umat Katolik.

Helmy mengatakan, Suharyo mempunyai kedekatan dengan semua tokoh agama di Indonesia. Meskipun hidup di tengah mayoritas muslim, Suharyo selalu mengatakan, merasa seperti hidup di tengah keluarga sendiri.

“Uskup Agung Jakarta ini juga teman diskusi PBNU dalam memecahkan berbagai masalah sosial di tanah air,” kata Helmy, dkutip dari Ngopibareng, Minggu, 6 Oktober 2019.

Sosok Ignatius Suharyo, menurut Helmy adalah orang yangsederhana, hamble dan enak diajak diskusi.

Baca Juga:  Rencana Aksi Terorsime Skala Besar Di Maroko Digagalkan, 7 Warga Ditangkap

Karena itu, kata dia, PBNU ikut senang dengan diangkatnya Uskup Agung Jakarta menjadi salah satu dari 13 Kardinal Gereja Katolik Roma yang baru dilantik.

“Semoga pengangkatan Kardinal Suharyo membawa manfaat bagi kehidupan antar umat beragama di seluruh dunia, utamanya Indonesia,” ujarnya.

Diketahui, Suharyo dilantik oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Sabtu 5 Oktober 2019 menggantikan Kardinal Yulius Darma Atmadja. Uskup Agung Jakarta ini merupakan Kardinal ke tiga yang berasal dari Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin bersama Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Antonius Agus Sriyono menyampaikan ucapan terima kasih Presiden Joko Widodo atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia karena Paus telah memilih Kardinal dari Indonesia.

Baca Juga:  PBNU Gandeng Kementerian Desa Ciptakan Masyarakat Mandiri
Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.