Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Dikabarkan Tewas dalam Serangan Militer AS

ISIS

Pecihitam.org – Pemimpin kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, dipastikan tewas dalam operasi militer yang dilakukan oleh pasukan khusus Amerika Serikat.

Hal itu diungkapkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Namun, ISIS sejauh ini belum memberikan tanggapan atas apa yang diungkapkan Donald Trump tersebut.

Trump mengatakan, pasukan AS telah membawa keadilan bagi hal yang ia sebut sebagai pemimpin teroris nomer satu di dunia, dalam serangan pada Sabtu malam, 26 Oktober 2019, di Suriah barat laut.

“Abu Bakar al-Baghdadi sudah tewas. Ia adalah pendiri dan pemimpin ISIS, organisasi teroris yang paling kejam dan keras di dunia,” ujar Trump, dikutip dari BBC, Senin, 28 Oktober 2019.

Baca Juga:  PWNU Banten Gelar Bahtsul Masail II, Tangkal Isue Hoax

Amerika Serikat, kata Trump, telah memburu Baghdadi selama bertahun-tahun. Menangkapnya atau membunuhnya menjadi prioritas keamanan nasional pemerintahannya.

“Pasukan Operasi Khusus AS melancarkan serangan malam hari yang berbahaya dan berani di Suriah barat laut dan merampungkan misi secara sempurna. Personel AS benar-benar luar biasa – saya menyaksikan sebagian besar aksi mereka,” sambungnya.

Menurutnya, operasi militer itu tidak sampai menelan korban di pihak AS, tetapi sejumlah pengikut al-Baghdadi juga tewas, termasuk anggota keluarganya.

Trump mengungkapkan, al-Baghdadi bersembunyi di dalam terowongan dan membawa serta tiga anaknya. Ia lantas dikejar oleh anjing serbu, dan kemudian meledakkan bom rompi yang dikenakannya.

“Ia tewas setelah berlari ke terowongan buntu, merintih, menangis dan menjerit sepanjang waktu,” ujarnya.

Baca Juga:  Pengamat Terorisme UI Ingatkan Pemerintah Waspada Doktrin Berpura-pura ISIS
Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *