Penting! Inilah Panduan bagi Umat Islam dalam Menghadapi Virus Corona

Panduan Menghadapi Virus Corona

Pecihitam.org – Saat ini, semua orang berada dalam keresahan dan ketakutan yang amat sangat. Virus Corona (Covid-19) yang berhamburan tak terhingga dan kasat mata menyebar ke seluruh penjuru dunia menjadi penyebab dari kekhawatiran mereka, tak terkecuali umat Islam. Lalu adakah panduan bagi umat Islam dalam menghadapi virus Corona ini?

Informasinya, virus Corona telah membunuh lebih tiga ribu nyawa manusia. Hal tersebut diperkirakan akan terus bertambah jika dibiarkan dan tak terkendali. Bahkan tidak menutup kemungkinan virus ini akan menginfeksi enam puluh persen penduduk dunia. Demikian keterangan ilmuan Hongkong.

Sebagaimana diketahui bahwa WHO (World Health Organization) telah menetapkan wabah virus Corona sebagai pandemi global (wabah yang berjangkit serempak di mana-mana) pada tanggal 11 Maret 2020. Tentu ini menjadi rambu-rambu sendiri bagi seluruh penduduk dunia. Berbagai cara dilakukan untuk meghindari virus ini.

Secara umum, kiat-kiat menghindari terjangkitinya virus Corona telah dijelaskan oleh WHO. Namun, dalam Islam sendiri sebenarnya telah disuratkan panduan untuk menghadapi wabah penyakit pandemi yang menyebar di mana-mana. Dan inilah panduan bagi umat Islam dalam menghadapi virus Corona ini.

Baca Juga:  Inilah Cara Yang Benar Menyikapi Sobekan Al-Qur’an

1. Hindari daerah yang telah terjangkit virus Corona.

“Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari Ibnu Syihab dari Abdullah bin ‘Amir bahwa Umar pernah bepergian menuju Syam, ketika dia sampai di daerah Sargha, diberitahukan kepadanya bahwa negeri Syam sedang terjangkiti wabah penyakit menular.

Lantas Abdurrahman bin ‘Auf memberitahukan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian mendengar wabah tersebut menjangkiti suatu negeri, maka janganlah kalian menuju ke sana,…”. [HR. Bukhari].

Hadis ini diriwayatkan Imam Bukhari dari Abdullah bin Amir. Kitab Pengobatan, bab Lepra.

2. Jika daerah yang ditinggali telah terjangkiti virus Corona, jangan keluar dari daerah tersebut dan hendaklah mengisolasi diri.

“Telah menceritakan kepada kami Al Qa’nabi dari Malik dari Ibnu Syihab, dari Abdul Hamid bin Abdurrahman bin Zaid bin Al Khathab, dari Abdullah bin Abdullah bin Al Harits bin Naufal dari Abdullah bin Abbas, ia berkata; Abdurrahman bin ‘Auf berkata;

Baca Juga:  Begini Makna Mukallaf dan Taklifi yang Benar Menurut Para Ulama

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: … jika telah terjadi di dalamnya dan kalian ada padanya maka janganlah kalian lari keluar darinya”. [HR. Abu Daud].

Hadis ini diriwayatkan Imam Abu Daud dari Abdurrahaman bin Auf. Kitab Jenazah, bab Lari dari Penyakit Tha’un.

3. Hindari keramaian dan saling menjaga jarak

“Telah menceritakan kepada kami Ya’qub telah menceritakan kepada kami bapakku dari Muhammad bin Ishaq telah menceritakan kepadaku Aban bin Shalih dari Syahr bin Hausyab Al Asy’ari dari suami ibunya, …

“Wahai manusia! sesungguhnya jika wabah ini menjangkiti (di suatu negri) maka dia akan melahap sebagaimana menyalanya api, maka menghindarlah kalian ke gunung-gunung.” [HR. Ahmad]

Hadis ini diriwayatkan Imam Ahmad. Kitab Sepuluh Sahabat yang Dijamin Masuk Surga, bab Hadis Abu Ubaidah bin Jarah.

4. Husnuzan kepada Allah dan terus berusaha sekuat tenaga menghindari virus Corona

“Telah menceritakan kepada kami Mu’ammal telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari ‘Athayakni Ibnu As Saib dari Abu Abdurrahman dari Abdullah ia berkata;

Baca Juga:  Menkes Yaman Tuding Uni Emirat Arab Berupaya Sebar Virus Corona di Yaman

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah Azza wa Jalla tidak menurunkan penyakit melainkan Dia turunkan pula penawarnya, yang diketahui maupun yang tidak.” [HR. Ahmad]

Hadis ini diriwayatkan Imam Ahmad. Kitab Sahabat yang Banyak Meriwayatkan Hadis, bab Musnad Abdullah bin Mas’ud.

Demikianlah panduan bagi umat Islam dalam menghadapi virus Corona berdasarkan hadis-hadis Nabi saw. Seluruhnya tercakup dan tidak tertinggal satu pun. Siapa yang dapat menggalinya, maka ia akan menemukannya. Semoga kita terhindar dari virus tersebut.

Azis Arifin
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG