Penting untuk Muslim! Cara Menemukan Masjid Terdekat Saat Bepergian

cara menemukan masjid

Pecihitam.org – Shalat sebagai tiang agama merupakan rukun Islam yang harus ditegakkan oleh setiap Muslim. Tak terlepas dari berbagai situasi dan kondisi, seperti sedang sakit atau bepergian, shalat lima waktu tak boleh ditinggalkan. Bahkan, Rasulullah SAW pun tetap melaksanakan shalat di medan perang.

Namun, anda barangkali pernah mengalami kesulitan menemukan masjid untuk menunaikan shalat ketika sedang bepergian atau berada di tempat yang baru. Misalnya, Pembaca yang berdomisili di Jakarta, sedang musafir ke Makassar. Nah, bagaimana caranya menemukan masjid terdekat?

Beberapa tempat seperti bandara, atau restoran besar biasanya memang menyediakan masjid atau musala. Akan tetapi pengetahuan tentang cara menemukan masjid terdekat juga perlu kita ketahui sebagai Muslim.

Karena bukan tidak mungkin suatu ketika kita berada di tempat yang berdasarkan pandangan mata, sepertinya tidak ada tanda-tanda masjid atau musala di sekitar.

Jangan sampai gara-gara tidak tahu lokasi masjid, shalat jadi terlambat atau malah tidak dikerjakan. Untuk itu, dengan memanfaatkan teknologi, saat ini kita bisa menemukan lokasi masjid terdekat ketika kita berada di mana saja. Syaratnya hanya satu: ada smartphone dan koneksi internet.

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Tidur di Masjid? Ini Penjelasannya

Caranya, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama ‘Usholli’ dari Play Store – bagi yang menggunakan Android. Aplikasi ini sebenarnya pengingat waktu salat yang akan mengumandangkan azan ketika sudah masuk waktunya. Namun ia juga menawarkan fitur untuk menemukan lokasi masjid terdekat berdasarkan GPS.

Setelah install aplikasi Usholli, anda perlu memberikan izin akses lokasi. Untuk menemukan lokasi masjid terdekat, tinggal klik logo kubah di halaman aplikasi. Setelah itu akan terlihat simbol ‘geotagging’ atau paku nama lokasi berwarna biru dan bentuk bulan bintang di atas peta.

Jika anda berada di area yang berdekatan dengan beberapa masjid, maka akan tampak sejumlah simbol ‘geotagging’. Yang kita perlukan kemudian adalah zoom out atau perbesar peta, klik paku yang paling dekat dengan kita. Aplikasi akan memberi petunjuk arah ke masjid tersebut, sama seperti kita menggunakan Google Maps. Jangan lupa ketuk tombol Navigasi, ya.

Baca Juga:  Menag Minta Masjid Bersiap Sambut Jemaah Jelang New Normal

Aplikasi ‘Usholli’, selain bisa kita manfaatkan sebagai pedoman jadwal salat dan petunjuk lokasi masjid, juga menyajikan arah kiblat. Selain aplikasi ‘Usholli’, kemungkinan ada aplikasi lain yang memberikan fitur serupa. Pembaca PH bisa mengeksplorasinya melalui Play Store atau App Store untuk pengguna iOS.

Saya pribadi yang cukup sering bertugas di luar, merasa terbantu dengan aplikasi ini untuk menemukan masjid. Misalnya, saya naik kereta dari Jakarta sampai di Yogyakarta subuh. Di stasiun memang tersedia musala, namun mengingat kapasitasnya tak cukup memadai untuk menampung penumpang kereta yang hendak salat, terjadilah antrean panjang.

Saya kemudian membuka aplikasi ‘Usholli’ yang sudah ter-install di ponsel untuk mencari lokasi masjid terdekat dengan stasiun. Akhirnya saya menemukan satu masjid yang jaraknya hanya 300 meter dari stasiun. Sesampainya di masjid itu saya merasa gembira karena bisa shalat subuh tanpa perlu mengantre.

Baca Juga:  Pasarijo, Marketplace Terbaru Persembahan IMNU. Beda!

Aplikasi ‘Usholli’ dikembangkan oleh Muhammad Rizky Habibi yang menetapkan jadwal shalat berdasarkan ketentuan Departemen Agama RI. Di Play Store, aplikasi ini mendapat rating 4,8 dan sudah diunduh lebih dari 50 ribu instalasi.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi, menyedekahkan sebagian harta kamu di Jalan Dakwah

DONASI SEKARANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *