Polres Soppeng Gandeng Banser Jaga Keamanan Gereja Saat Natal

Pecihitam.org – Dalam upaya membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Soppeng menggandeng Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Anggota Banser akan ikut menjaga gereja pada saat Misa Natal.

Menurut Kapolres Soppeng AKBP Puji Saputro, alasan pihaknya menggandeng Banser dalam pengamanan ini. Peran Banser dalam menjaga semangat kerukunan, kata dia, sudah terbukti dan teruji.

“Banser adalah salah satu kelompok masyarakat yang memiliki kontribusi membantu aparat keamanan, terutama saat peringatan Hari Raya Natal. Tanpa diminta pun, sahabat Banser pastinya akan turun membantu aparat keamanan menjaga gereja,” ujar AKBP Puji, Jumat, 20 Desember 2019.

Mantan Kapolsek Marioriwawo ini menilai pentingnya peran serta masyarakat maupun ormas dalam memelihara dan menjaga keamanan. Sebab, tanggung jawab menjaga keamanan sejatinya adalah tanggung jawab bersama.

Baca Juga:  Viral Bupati Pasuruan Kenakan Seragam Banser Kawal Ulama Ceramah

“Saya juga mengapresiasi komitmen Banser dalam upayanya menjaga kerukunan dan toleransi,” ucapnya.

Dia berharap langkah Banser dapat menjadi role model bagi elemen lain untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kerukunan, sehingga terwujud situasi keamanan yang stabil.

“Eksistensi Banser menjaga gereja saat saudara-saudara kita melaksanakan ibadah Natal merupakan bentuk komitmen dalam menjaga semangat keberagaman dalam bingkai kebhinekaan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PC Ansor Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Sukardi, S.HI, GP Ansor akan selalu siap bekerjasama dengan Polri dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Dengan memperbanyak kemitraan sinergis, semakin sedikit kekuatan yang harus kita gunakan, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Soppeng akan selalu siap bekerjasama dengan Polri dalam menjaga keutuhan NKRI,” ungkap Sukardi.

Baca Juga:  KH Ma'ruf Amin: Kader Ansor dan Banser Harus Jadi Dinamo Penggerak Bangsa

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Bidang Hukum PC Ansor Kabupaten Soppeng Rusdianto, S.H, M.H.

“Ke depan nantinya bukan hanya kerjasama dalam pengamanan natal dan tahun baru, akan tetapi kami akan terus berkordinasi dengan pihak polri dalam program-program pembinaan masyarakat khususnya upaya pencegahan dalam mengatasi kelompok intoleran,” ujarnya. (Rls)