Puluhan Santri Positif Corona, Pesantren Al-Fatah Temboro Diisolasi

Pecihitam.org – Sebanyak 6 ribu santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur, diisolasi usai puluhan santri asal Malaysia di Ponpes tersebut positif terpapar Corona.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, Saif Muchlisun, mengatakan para santri di Ponpes tersebut telah diisolasi.

“Yang biasanya keluar untuk Jamaah Tabligh dihentikan. Makan (bersama), yang biasanya dengan nampan ala pondok karena ada Covid-19 ini, sudah diantisipasi dengan memakai piring,” kata Saif, seperti dilansir dari BBC, Selasa, 21 April 2020.

Selain itu, para santri di Ponpes Al-Fatah Temboro yang berdomisili di Magetan juga telah diliburkan.

“Santri-santri dari wilayah Magetan dan sekitarnya sudah diliburkan, pulang ke wilayah masing-masing. Pengajian pun sudah dihentikan,” ujarnya.

Baca Juga:  Sikapi Kasus Pengibaran Bendera HTI, GP Ansor dan NU Temui Bupati Purwakarta

Saat ini, kata Saif, pihaknya tengah melacak asal penyebaran virus corona di ponpes itu, yang sebelumnya dihuni 22.000 orang dari 13 negara.

“Yang jelas aktivitas sangat padat, sangat dinamis pergerakan orang di situ karena ini termasuk tempat Jamaah Tabligh. Kemungkinan besar juga banyak yang ke luar (negeri),” ungkapnya.

“Ini yang kita lacak. Beberapa bulan lalu ada, yang ke India, Pakistan, termasuk Malaysia. Kita lacak dari mana sebenarnya (asal virus itu),” sambungnya.