PWNU Banten Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar NU

Pecihitam.org, SERANG – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten, KH Bunyamin mengatakan siap menjadi tuan rumah untuk Muktamar NU ke-34 pada tahun 2020 mendatang.

“Kami mengajukan jadi tuan rumah Mukhtamar ke-34 dengan beberapa pertimbangan diantaranya Banten sebagai ruh dari NU. Jadi ruhnya NU itu ada di Banten seperti apa yang sering dikatakan oleh almarhum Kiai Hasyim Muzadi,” kata KH Bunyamin, dikutif rmolbanten. Kamis (5/9/2919)

Menurut KH Bunyamin, Banten punya sejarah panjang bersama NU di mana guru dari para pendiri NU itu merupakan orang Banten yakni Syaikh Nawawi Al-Bantani.

Lanjutnya, Banten mempunyai sejarah pelaksanaan muktamar NU zaman dulu sebelum merdeka tepatnya pada tahun 1938 di Menes Pandeglang Banten.

Baca Juga:  Jelang Muktamar, Warga NU Siap Sumbang Seribu Ekor Ayam dan 10 Ton Beras

“Jadi kalau dilihat secara kasat mata pada zaman dulu aja sebelum punya mobil motor pada bisa Muktamar di Menes, kalau ada kemauan masa sekarang nggak bisa,” ujarnya. 

“NU itu ruhnya di Banten jasadnya ada di Jawa timur nah kita ingin menyatukan antara ruh dan jasadnya,” tambahnya. 

Untuk memuluskan hal itu, KH Bunyamin  sudah melayangkan surat kesiapan PWNU Banten untuk menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-34 sepeti apa yang diminta PBNU sebagai salah satu syarat pencalonan. 

“Nah surat tersebut kemarin sore sudah kami layangkan kepada PBNU. Surat kesiapan ini membuktikan bahwa kami Banten siap untuk menjadi tua rumah Mukhtamar NU ke-34,” tukasnya. 

Baca Juga:  Azyumardi Azra: Ada 200 Pesantren Wahabi Menolak Kibarkan Merah Putih

Untuk Diketahui, ada tujuh PWNU yang mengusulkan jadi tuan rumah Muktamar ke-34 NU tahun 2020 yakni PWNU Sumatera Utara, PWNU Sumatera Selatan, PWNU Lampung, PWNU Banten, PWNU Jawa Tengah, PWNU DI Yogyakarta, dan PWNU Kalimantan Selatan

Adi Riyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.