Rabbana Hablana min Azwajina: Amalkan Doa Ini Agar Dikaruniai Anak Sholeh

Rabbana Hablana min Azwajina

“Rabbana hablana min azwajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena imaamaa.”

Pecihitam.org – Ini adalah salah satu doa mustajab yang selalu dilafalkan oleh Nabi Ibrahim As untuk mendapatkan anak yang sholeh. Adapun keistimewaan do’a ini tidak hanya untuk berharap dikaruniai anak sholeh saja, namun juga untuk berharap mendapat jodoh.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Nabi Ibrahim dikenal sebagai Bapaknya Para Rasul dan Nabi, karena banyak para Nabi dan Rasul yang merupakan keturunan dari Nabi Ibrahim termasuk Nabi Muhammad SAW. Doa-doa Nabi Ibrahim sangat mustajab dan dikabulkan oleh Allah.

Doa mustajab yang paling terkenal adalah doa untuk mendapatkan keturunan yang saleh. Itu terbukti dengan banyaknya keturunan Nabi Ibrahim yang menjadi Nabi dan Rasul di kemudian hari. Dalam doanya, Nabi Ibrahim sangat takut keturunannya menjadi seorang yang sirik.

Salah satu doa Nabi ibrahim yang mustajab seperti disebut dalam Al-quran yaitu doa rabbana hablana min azwajina, selengkapnya yaitu:

Baca Juga:  Doa Mengusir Gangguan Jin dan Terhindar dari Petaka Lainnya

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Furqan: 74)

Kita tahu bahwa dalam sejarahnya Nabi Ibrahim pernah begitu lama tidak dikaruniai keturunan. Hingga akhirnya Nabi Ibrahim memohon kepada Allah Swt dengan rutin membaca do’a tersebut .Yang mana doa tersebut kemudian Allah firmankan dalam Al-Qur’an surat Al-Furqon dimana disebutkan bahwa nabi Ibrahim mengharapkan istri dan keturunan yang baik.

Adapula do’a Nabi Ibrahim a.s. ketika beliau belum punya anak:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (As-Shaffat: 100)

Tak hanya untuk mengharap dikaruniai anak saja, doa Rabbana Hablana Min Azwajina juga bisa untuk doa mendapatkan jodoh. Dalam mencari Jodoh setiap orang di tuntut agar teliti dan mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih calon pasangannya. Terkadang karena berbagai hal itulah akhirnya terjadi istilah yang namanya telat jodoh.

Baca Juga:  Mau Rejeki Lancar? Baca La Hawla Wala Quwwata Illa Billah 100 Kali Tiap Hari!

Nah, berikut ini adalah amalan yang bisa untuk mempercepat datangnya jodoh dari Allah:

Sehabis sholat 5 waktu baca sholawat nariyah 41x kalau yang lagi sibuk karena kerjaan baca 11x saja kemudian baca doa: “Rabbana hablana min azwajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuni, waj’alna lil muttaqiena imaamaa.” 11x.

Bacalah do’a tersebut dengan sepenuh hati. Insyallah jika diistiqomahkan setiap hari, maka akan segera mendapatkan jodoh yang diinginkan,

Itulah keistimewaan doa rabbana hablana min azwajina dalam kehidupan, untuk berharap dikaruniai anak yang shaleh serta permohonan didatangkan jodoh. Selalu berdo’a dan meminta pertolongan hanya kepada Allah, langgengkan do’a agar menjadi wasilah bagi yang ingin bertemu dengan jodohnya.

Ikhtiar doa untuk mendekatkan seseorang pada jodoh merupakan salah satu usaha seorang hamba untuk memohon dan meminta bantuan kepada Allah. Tidak perlu galau lagi untuk mendapatkan doa yang bisa mendekatkan seseorang pada jodohnya, sebab al-Qur’an sudah melampirkan tiga doa tersebut.

Baca Juga:  Bacaan Tahlilan Lengkap Beserta Doa dan Artinya

Selain itu membaca ayat doa tersebut diatas juga merupakan amal ibadah yang satu hurufnya dinilai satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan. Jodoh dan keturunan yang baik semua adalah ketentuan Allah. Dengan berdoa setidaknya itu adalah sebagai ikhtiar agar Allah memberikan yang terbaik bagi kita.

Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik