Inilah 5 Rahasia Puasa Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

rahasia puasa ramadhan

Pecihitam.org – Puasa merupakan rukun Islam yang ke empat merupakan ibadah yang tiada indra manusia mengamatinya, dan yang tahu pasti hanya Allah dan dirinya. Dengan demikian puasa Ramadhan adalah suatu ibadah yang langsung berhubungan dengan Allah, sedangkan rahasia pahalanya, tiada yang mengetahui kecuali Allah Swt. Berbeda dengan ibadah-ibadah lain nya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

االصوم لى وانا أجزى به

“ Puasa itu untuk-Ku dan aku memberi balasan atasnaya”

Salahsatu dari tujuan puasa ialah menahan diri dari memperturutkan hawa nafsu. Dan itu tidak hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum saja. Namun juga dari memandang dari segala apa yang di haramkan, mempergunjingkan orang lain,mengadu domba dan berdusta. Semua itu jelas dapat membatalkan pahala puasa. Nabi bersabda :

كم من صائم ليس له من صيامه الا الجوع والعطش

Artinya : “ Berapa banyak orang berpuasa,tidakmemperoleh daripuasanya selain lapar dan haus “

Ada rahasia-rahasia puasa yang wajib kita ketahui, agar menjadi stimulus penting bagi semangat kita dalam menyongsong datangnya bulan Ramadhan tahun ini. Diantaranya yaitu:

1.  Menguatkan Jiwa

Dalam hidup ini tak sedikit kita dapati manusia yang mengedepankan keinginan hawa nafsunya, kemudian manusia itu menuruti keinginannya walaupun batil dan mengganggu serta merugikan orang lain. Karenanya didalam Islam di perintahkan untuk bisa mengendalikan hawa nafsu.

Baca Juga:  Arti Dua Kalimat Syahadat Bagi Orang Islam

Orang yang menunaikan puasa dengan sungguh-sungguh akan melahirkan sikap jujur percaya diri dan berahlak mulia, harapkan seseorang bisa berprilaku jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Orang yang tahu persis apakah orang itu berpuasa atau tidak adalah dirinya sendiri dan allah Swt.

2.  Mendidik Kemauan

Puasa mendidik seseorang untuk memiliki kemauan yang sungguh-sungguh dalam kebaikan,meskipun untuk melakukan kebaikan itu tidak mudah terhalang oleh berbagai kendala. Puasa yang baik akan membuat seseorang terus mempertahankan keinginannya yang baik, meskipun peluang untuk menyimpang begitu besar.

Rahasia puasa ramadhan salah satunya juga mendidik seseorang dengan sifat-sifat kesabaran, agar dapat mengendalikan diri dari segala yang membatalkan puasa dan nilai pahala puasa, yang semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt. Dan bersyukur kepada Nya atas nikmat-nikmat yang diperoleh. Manfaat ini terkait dengan hakikat puasa sebagai melatih kesabaran.

3.  Menyehatkan Badan

Puasa yang baik dan benar  juga akan memberikan pengaruh positif berupa kesehatan jasmani. Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh Rasulullah SAW, tetapi juga sudah di buktikan oleh para dokter yang membuat kita tidak perlu ragu lagi.

Baca Juga:  Dampak Menceritakan Mimpi Baik Dan Buruk

Ibadah puasa yang dilakukan dengan baik akan menghilangkan berbagai penyakit. Dalam keaadan berpuasa pada saat-saat tertentu perut memang harus di istirahatkan dari bekerja memproses makanan yang masuk sebagaimana mesin juga di istirahatkan.

4.  Mengenali Nilai Kenikmatan

Dengan puasa diharapkan manusia bisa memperhatikan dan merenungkan tentang kenikmatan yang sudah diperolehnya, tetapi juga disuruh untuk merasakan langsung betapa besar nikmat yang Allah berikan kepada kita. Hal ini baru beberapa jam saja kita tidak makan dan minum sudah terasa betul perihnya perut kita ini, dan pada saat kita berbuka terasa betul besarnya nikmat dari Allah.

Disinilah letak pentingnya ibadah puasa untuk mendidik kita menyadari nilai kenikmatan yang  di berikan oleh Allah kepada kita, agar kita menjadi orang yang pandai bersyukur terhadap nikmat allah dan tidak mengecilkan kenikmatan yang diberikanNya.

5. Merasakan Rasanya Penderitaan Kaum Dhuafa’

Merasakan lapar, dahaga dan meningkatnya suhu badan memberikan pengalaman kepada kita betapa beratnya penderitaan yang dirasakan kaum duafa. Sebab pengalaman tersebut yang kita rasakan akan segera berakhir ketika masuknya waktu maghrib, sementara penderitaan orang lain entah kapan akan berakhir.

Baca Juga:  Ini Pembagian Kategori Dalam Bid’ah, Baca dan Pahami

Dengan pengalaman itu, semestinya puasa akan menumbuhkan rasa solidaritas kita kepada kaum muslimin lainya yang tidak mampu. Orang yang taat menunaikan ibadah puasa,akan menumbuhkan kepedulian sosial yang mendalam kepada kaum dhuafa’. Kondisi semacam ini bisa terwujud kepada penghayatan terhadap pengamalan puasa sebagai teladan sifat pengasih dan penyayang allah Swt.

Untuk itu mari kita renungkan bersama rahasia-rahasia puasa ini dan kita aplikasikan agar puasa Ramadhan yang kita jalankan menjadi lebih bermakna bagi kehidupan kita maupun orang lain dan tentunya diterima Allah SWT. Amin