Soal Utang, Sri Mulyani: Semua Negara Islam di Dunia Juga Berhutang

Pecihitam.org – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menanggapi sejumlah kritik yang menilai pemerintah Indonesia suka berutang demi menutup defisit.

Dalam tanggapannya, Sri Mulyani bertanya kepada pengkritiknya apakah ada negara yang tidak berutang, termasuk negara-negara Islam?

Ia pun mengatakan, faktanya semua negara di dunia, termasuk negara islam juga berhutang untuk mengelola negaranya.

“Semua negara Islam di dunia juga berhutang mau Saudi, UAE, Qatar, Tunisia, Maroko, Pakistan, Afganistan,Kazakhstan,” ujar Sri Mulyani dikutip dati CNBC Indonesia, Minggu, 19 Juli 2020.

“Bahkan, negara Islam kita di Afrika, mayoritas mereka miskin. Mayoritas mereka mendapatkan utang, bahkan hibah, termasuk dari Bank Dunia. Jangan merasa utang ini stigma,” sambungnya.

Baca Juga:  Kritik atas Konsep Negara Islam

Ia mengungkapkan, bisa saja sebuah negara tidak berhutang, sebab hal ini tergantung dari kebijakan setiap negara.

Namun, kata Sri Mulyani, jika tidak berhutang misalnya artinya ada penundaan persoalan infrastruktur hingga masalah pendidikan.

“Ya.. nanti negara kita banyak penduduknya 260 juta tapi kita nggak berpendidikan, kurang gizi, miskin,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, ada juga pertanyaan bagaimana tanpa harus berhutang dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam Indonesia yang melimpah ruah.

Menurutnya, meski dengan SDA yang melimpah, Indonesia tetap butuh modal.

“Kalau SDA dikeruk tetap membutuhkan modal. Kadang masyarakat kita sensitif kalau membicarakan soal utang, dengan nada benci. Bisa saja kita debat, tapi jangan sampai dengan kata kasar,” ujarnya.

Baca Juga:  Dulu Mendukung, Sekarang PA 212 Minta Copot Jabatan Prabowo Karena Tidak Tegas Soal Natuna
Muhammad Fahri