Surah Al-An’am Ayat 133-135; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat 133-135

Pecihitam.org – Pada Surah Al-An’am Ayat 133-135 ini Allah SWT menegaskan kepada penduduk Mekkah bahwa jika Allah SWT menghendaki, maka Dia bisa saja memusnahkan kalian dan menggantinya dengan siapa yang dikehendaki-Nya setelah kalian musnah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Allah Berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-An’am Ayat 133-135;

Surah Al-An’am Ayat 133
وَرَبُّكَ الْغَنِيُّ ذُو الرَّحْمَةِ ۚ إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَسْتَخْلِفْ مِنْ بَعْدِكُمْ مَا يَشَاءُ كَمَا أَنْشَأَكُمْ مِنْ ذُرِّيَّةِ قَوْمٍ آخَرِينَ

Terjemahan: Dan Tuhanmu Maha Kaya lagi mempunyai rahmat. Jika Dia menghendaki niscaya Dia memusnahkan kalian dan mengganti kalian dengan siapa yang dikehendaki-Nya setelah kalian (musnah), sebagaimana Dia telah menjadikan kalian dari keturunan orang-orang lain.

Tafsir Jalalain: وَرَبُّكَ الْغَنِيُّ (Dan Tuhanmu Maha Kaya) tidak membutuhkan makhluk-Nya dan juga tidak membutuhkan ibadah mereka ذُو الرَّحْمَةِ ۚ إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ (lagi mempunyai rahmat. Jika Dia menghendaki niscaya Dia memusnahkan kamu) wahai penduduk Mekhah yaitu membinasakan kalian

وَيَسْتَخْلِفْ مِنْ بَعْدِكُمْ مَا يَشَاءُ (dan menggantimu dengan siapa yang dikehendaki-Nya setelah kalian musnah) di antara makhluk-Nya كَمَا أَنْشَأَكُمْ مِنْ ذُرِّيَّةِ قَوْمٍ آخَرِينَ (sebagaimana Dia telah menjadikan kalian dari keturunan orang-orang lain) yang telah Dia memusnahkan akan tetapi Dia tetap membiarkan kalian sebagai rahmat atas kalian semua.

Tafsir Ibnu Katsir: وَرَبُّكَ (Dan Tuhanmu) Wahai Muhammad; الْغَنِيُّ (Maha Kaya) Maksudnya adalah dari semua makhluk-Nya dalam segala hal, sedangkan mereka itu miskin yang senantiasa berharap kepada-Nya pada setiap saat. ذُو الرَّحْمَةِ (Lagi memiliki rahmat) Artinya ialah Allah SWT meskipun dengan keadaan-Nya tersebut, Dia adalah sangat pemurah kepada mereka.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 100; Seri Tadabbur Al Qur'an

إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ (Jika Dia menghendaki niscaya Dia memusnahkan kalian) Maksudnya adalah, jika kalian melanggar perintah-Nya. وَيَسْتَخْلِفْ مِنْ بَعْدِكُمْ مَا يَشَاءُ (Dan mengganti kalian dengan siapa yang dikehendaki-Nya) Maksudnya adalah Allah Ta’ala akan mengganti dengan kaum lain yang akan taat kepada-Nya.

كَمَا أَنْشَأَكُمْ مِنْ ذُرِّيَّةِ قَوْمٍ آخَرِينَ Maksudnya adalah Allah SWT mampu melakukan hal tersebut dan bahkan sangat mudah bagi-Nya sebagaimana Allah Ta’ala telah pernah memusnahkan kaum yang terdahulu lalu mendatangkan kaum berikutnya. Demikian pula Dia mampu memusnahkan suatu kaum dan menggantinya dengan umat-umat yang lain.

Surah Al-An’am Ayat 134
إِنَّ مَا تُوعَدُونَ لَآتٍ ۖ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ

Terjemahan: Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kalian sekali-kali tidak sanggup menolaknya.

Tafsir Jalalain: إِنَّ مَا تُوعَدُونَ (Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepada kalian) pada hari kiamat dan azab لَآتٍ (pasti datang) tidak dapat ditawar-tawar lagi وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ (dan kalian sekali-kali tidak sanggup menolaknya) tidak bisa selamat dari azab Kami.

Tafsir Ibnu Katsir: إِنَّ مَا تُوعَدُونَ لَآتٍ ۖ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ Maksudnya adalah kabarkanlah kepada mereka wahai Muhammad, bahwa apa yang telah dijanjikan tentang kehidupan akhirat pasti akan terjadi.

Baca Juga:  Surah Al-Hijr Ayat 1-3; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ Maksudnya adalah, janganlah kalian mengira bahwa Allah Ta’ala tidak mampu melakukannya, namun sebaliknya Allah Ta’ala mampu untuk mengembalikan kalian walaupun kalian telah menjadi debu, bangkai, dan tulang-belulang.

Surah Al-An’am Ayat 135
قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ ۗ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

Terjemahan: Katakanlah: “Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuan kalian, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kalian akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zhalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan.

Tafsir Jalalain: قُلْ (Katakanlah) kepada mereka يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ (“Hai kaumku! Berbuatlah sepenuh kemampuan kalian) sesuai dengan keadaanmu إِنِّي عَامِلٌ (sesungguhnya aku pun berbuat pula) sesuai dengan keadaanku.

فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ (Kelak kalian akan mengetahui siapakah di antara kita) “مَنْ” menjadi maushul dan menjadi maf’ul dari Lafal al-‘ilm تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ (yang akan mendapatkan hasil yang baik dari dunia ini.”) akibat yang dipuji di akhirat nanti, apakah kami atau kalian?

إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ (Sesungguhnya tidak akan mendapat keberuntungan) kebahagiaan الظَّالِمُونَ (orang-orang yang zhalim itu) yakni orang-orang kafir.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 147; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ Ini merupakan bentuk ancaman yang sangat keras. Maksudnya adalah, teruskanlah berjalan di atas jalan kalian jika kalian mengira bahwa kalian berada dalam petunjuk, dan aku pun juga akan terus berjalan di atas jalanku sendiri.

Terkait dengan firman-Nya: عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ (sepenuh kemampuanmu) Ali bin Abi Thalhah berkata dari Ibnu Abbas: “Yaitu, kondisi kalian”. فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ ۗ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ Yaitu apakah hasil yang baik dari dunia itu akan menjadi milikku atau menjadi milik kalian.

Shadaqallahul adzhim, Demikianlah telah kita bahas bersama kandungan Surah Al-An’am Ayat 133-135 sebagai seri lanjutan dari Tadabbur Al Qur’an kita, dengan rujukan Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir. Semoga bermanfaat bagi kami dan pembaca.

M Resky S