Surah Al-An’am Ayat 154-155; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat 154-155

Pecihitam.org – Surah Al-An’am Ayat 154-155 menjelaskan bahwa Allah SWT telah memberikan Kitab Taurat terhadap Musa untuk sebagai petunjuk dan rahmat bagi mereka yang berbuat kebaikan. Kemudian Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai Kitab yang diberkati.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-An’am Ayat 154-155;

Surah Al-An’am Ayat 154
ثُمَّ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ تَمَامًا عَلَى الَّذِي أَحْسَنَ وَتَفْصِيلًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لَعَلَّهُمْ بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ يُؤْمِنُونَ

Terjemahan: Kemudian Kami telah memberikan Al Kitab (Taurat) kepada Musa untuk menyempurnakan (nikmat Kami) kepada orang yang berbuat kebaikan, dan untuk menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat, agar mereka beriman (bahwa) mereka akan menemui Tuhan mereka.

Tafsir Jalalain: ثُمَّ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ (Kemudian Kami telah memberikan Alkitab kepada Musa) kitab Taurat; ثُمَّ bermakna untuk tertibnya rentetan kisah تَمَامًا (untuk menyempurnakan) nikmat عَلَى الَّذِي أَحْسَنَ (kepada orang-orang yang berbuat kebaikan) agar mengamalkan kandungan isinya

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 108; Seri Tadabbur Al Qur'an

وَتَفْصِيلًا (dan untuk menjelaskan) menerangkan لِكُلِّ شَيْءٍ (segala sesuatu) yang diperlukan dalam masalah agama وَهُدًى وَرَحْمَةً لَعَلَّهُمْ (dan sebagai petunjuk dan rahmat agar mereka) kaum Bani Israel بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ (terhadap hari pertemuan dengan Tuhan mereka) dengan dibangkitkannya mereka يُؤْمِنُونَ (mereka mau beriman.)

Tafsir Ibnu Katsir: Saat Allah SWT mengabarkan mengenai al-Qur’an melalui firman-Nya: وَأَنَّ هَٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ (Qs. Al-An’am; 153) Allah SWT mengiringinya dengan memberikan pujian terhadap Kitab Taurat serta Rasul yang menerimanya, dengan firman-Nya: ثُمَّ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ (Kemudian Kami telah memberikan al-Kitab (Taurat) kepada Musa).

تَمَامًا عَلَى الَّذِي أَحْسَنَ وَتَفْصِيلًا (Untuk menyempurnakan (nikmat Kami) kepada orang yang berbuat kebaikan) Maksudnya, Allah SWT telah memberikan Kitab Taurat kepada Musa, Kitab yang telah diturunkan kepadanya untuk menyempurnakan dan melengkapi apa yang diperlukan dalam menjalankan syariat-Nya.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 140; Seri Tadabbur Al Qur'an

وَتَفْصِيلًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً (Dan untuk menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat) Dalam firman-Nya tersebut terkandung pujian terhadap kitab yang Allah turunkan kepada Musa as.

Surah Al-An’am Ayat 155
وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Terjemahan: Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.

Tafsir Jalalain: وَهَٰذَا (Dan ini) maksudnya Al-Qur’an ini, كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ (adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia) hai penduduk Mekkah dengan mengamalkan apa yang dikandungnya وَاتَّقُوا (dan bertakwalah kalian) jangan melakukan kekafiran لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (agar kalian diberi rahmat) Kami turunkan dia yaitu Al-Qur’an.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah SWT mendorong setiap hamba-Nya untuk mencintai kitab-Nya dan memerintahkan mereka agar senantiasa memahami, mengamalkan dan mendakwahkannya. Allah SWT menyifatinya sebagai Kitab yang diberkati terhadap orang-orang yang mengikuti dan mengamalkannya di dunia dan di akhirat, karena ia merupakan tali Allah yang sangat kuat.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 139; Seri Tadabbur Al Qur'an

Demikian penjelasan singkat mengenai Surah Al-An’am Ayat 154-155 berdasarkan Kitab Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir sebagai kelanjutan dari seri Tadabbur Al Qur’an kita di situs ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua penuntut ilmu. Amin

M Resky S