Surah Al-An’am Ayat 46-49; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat Ayat 46-49

Pecihitam.org – Allah SWT berfirman kepada Rasul-Nya di dalam Surah Al-An’am Ayat 46-49, tentang mereka yang mendustakan dan ingkar terhadap kekuasaan Allah SWT yang juga mengandung makna larangan menggunakan pendengaran dan penglihatan kecuali sesuai dengan yang dianjurkan oleh syariat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Surah Al-An’am Ayat 46-49

Surah Al-An’am Ayat 46
قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَخَذَ اللَّهُ سَمْعَكُمْ وَأَبْصَارَكُمْ وَخَتَمَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ مَنْ إِلَٰهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُمْ بِهِ ۗ انْظُرْ كَيْفَ نُصَرِّفُ الْآيَاتِ ثُمَّ هُمْ يَصْدِفُونَ

Penjelasan ayat: قُلْ (Katakanlah) kepada penduduk Mekkah أَرَأَيْتُمْ (“Terangkanlah kepadaku) beritakanlah kepadaku إِنْ أَخَذَ اللَّهُ سَمْعَكُمْ (jika Allah mencabut pendengaran kalian) membuatmu menjadi tuli وَأَبْصَارَكُمْ (dan penglihatan kalian) membutakan kalian وَخَتَمَ (serta mengunci) menutup عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ (hati kalian) sehingga kalian tidak dapat mengenal sesuatu

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 160; Seri Tadabbur Al-Qur'an

مَنْ إِلَٰهٌ غَيْرُ اللَّهِ يَأْتِيكُمْ بِهِ (Siapakah Tuhan selain Allah yang kuasa mengembalikannya kepada kalian?”) apa-apa yang telah Dia cabut dari kalian sesuai dengan dugaanmu انْظُرْ كَيْفَ نُصَرِّفُ (Perhatikanlah bagaimana Kami memperlihatkan) menjelaskan الْآيَاتِ (tanda-tanda kebesaran Kami) bukti-bukti yang menunjukkan kepada keesaan Kami ثُمَّ هُمْ يَصْدِفُونَ (kemudian mereka masih tetap berpaling) tetap berpaling dari-Nya dan tidak mau beriman.

Surah Al-An’am Ayat 47
قُلْ أَرَأَيْتَكُمْ إِنْ أَتَاكُمْ عَذَابُ اللَّهِ بَغْتَةً أَوْ جَهْرَةً هَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الظَّالِمُونَ

Penjelasan ayat: قُلْ (Katakanlah,) kepada mereka أَرَأَيْتَكُمْ إِنْ أَتَاكُمْ عَذَابُ اللَّهِ بَغْتَةً أَوْ جَهْرَةً (“Terangkanlah kepadaku, jika datang siksaan Allah kepada kalian dengan sekonyong-konyong atau terang-terangan) siang hari maupun malam hari هَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الظَّالِمُونَ (maka adakah yang dibinasakan Allah selain dari orang-orang yang dzalim?”) yakni orang-orang kafir. Atau dengan kata lain: tidak ada yang dibinasakan-Nya kecuali hanya mereka.

Baca Juga:  Surah Ad-Dukhan Ayat 34-37; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Surah Al-An’am Ayat 48
وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ ۖ فَمَنْ آمَنَ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Penjelasan ayat: وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ (Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira) tentang surga terhadap orang yang beriman وَمُنْذِرِينَ (dan memberi peringatan) kepada orang yang kafir dengan adanya siksaan neraka.

فَمَنْ آمَنَ (Siapa yang beriman) kepada rasul-rasul itu وَأَصْلَحَ (dan mengadakan perbaikan) terhadap amal perbuatannya فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati) di akhirat kelak.

Surah Al-An’am Ayat 49
وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا يَمَسُّهُمُ الْعَذَابُ بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ

Baca Juga:  Surah Abasa Ayat 33-42; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Penjelasan ayat: (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami mereka ditimpa siksaan disebabkan mereka selalu berbuat fasik) yaitu keluar dari garis-garis ketaatan.

Alhamdulillah, demikianlah penjelasan mengenai Surah Al-An’am Ayat 46-49 berdasarkan Tafsir Jalalain sebagai kelanjutan dari Seri Tadabbur Al Qur’an kita. Semoga semakin menambah khazanah keilmuan agama kita semua. Amin

M Resky S