Surah Al-Anfal Ayat 29; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Al-Anfal Ayat 29

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Anfal Ayat 29 ini menyebutkan tentang jalan keberhasilan dalam ujian Allah SWT, yakni kebersihan jiwa dan takwa. Dijelaskan bahwa orang-orang Mukmin selalu memperoleh anugerah dari Allah Ta’ala yang begitu banyak.

Yaitu di mana Allah SWT selalu memberikan hikmah dan rahmat-Nya, sehingga mereka mampu menentukan mana yang hak dan yang batil, sehingga mereka tidak kebingungan dan tersesat.

Demikian pula jika mereka melakukan perbuatan salah, dikarenakan mereka berjalan menuju jalan kebenaran, maka Allah SWT mengampuni mereka bahkan perbuatan buruk mereka ditutupi oleh Allah SWT.

Dan seluruh kelembutan dan anugerah ini diberikan oleh Allah SWT dalam rangka tersebut, dimana Allah dengan kemuliaan-Nya senantiasa memperlakukan setiap hamba-Nya yang saleh dengan baik. Mereka selalu mendapatkan kemuliaan dan ampunan yang besar dari Allah SWT.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Anfal Ayat 29

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 4; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Terjemahan: Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.

Tafsir Jalalain: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ (Hai orang-orang yang beriman, jika kalian bertakwa kepada Allah) melalui berserah diri kepada-Nya dan cara-cara yang lain يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا (niscaya Dia akan memberikan kepada kalian petunjuk) buat kalian sehingga kalian dapat membedakan hal-hal yang dapat membawa keselamatan dan hal-hal yang membahayakan diri kalian, sehingga kalian selamat dari hal-hal yang kalian takutkan

وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ (dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahan dan mengampuni kalian) dosa-dosa kalian. وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ (Dan Allah mempunyai karunia yang besar).

Tafsir Ibnu Katsir: Muhammad bin Ishaq berkata: “فُرْقَانًا” (furqan) maksudnya adalah, pemisah antara kebenaran dan kebathilan. Penafsiran dari Ibnu Ishaq ini lebih umum, sebagaimana firman Allah yang artinya:

Baca Juga:  Surah Al-Anfal Ayat 73; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

“Hai orang-orang yang beriman (kepada Para Rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampunimu. Dan Allah Mahapengampun lagi Mahapenyayang”. (QS. Al-Hadiid: 28)

Tafsir Quraish Shihab: Wahai orang-orang yang percaya dan tunduk kepada kebenaran, apabila kalian patuh pada perintah Allah dalam kesendirian atau di tengah keramaian, maka Allah akan memberikan karunia pada kalian berupa kekuatan yang dapat membedakan antara yang benar dan yang tidak benar.

Allah akan memberi kemenangan atas musuh-musuh kalian. Allah akan menutupi, menghilangkan dan mengampuni kesalahan- kesalahan kalian. Dialah Allah yang senantiasa memiliki karunia yang besar.

Alhamdulillah, demikianlah telah kita tadabburi bersama Surah Al-Anfal Ayat 29 berdasarkan Tafsir Quraish Shihab, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Jalalain. Semoga menambah kecintaan kita terhadap Al-Qur’an dan semakin meningkatkan Iman kita. Amin.

Baca Juga:  Surah As-Saffat Ayat 180-182; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Hikmah yang dapat kita petik dari ayat ini bahwa amal perbuatan manusia memiliki pengaruh besar pada pemikiran dan pandangan mereka. Karena itu meski pikiran memberi pengaruh dalam perbuatan manusia, namun takwa dalam beramal, akan memberi hati nurani kepada manusia dalam berpikir.

Selain daripada itu, Takwa juga dapat melindungi manusia dari kesalahan dan khilaf, sekaligus dapat menjaga jiwa raga manusia dari api neraka. Wallahu a’lam

M Resky Syafri
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG