Surah Al-A’raf Ayat 12-18; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 12-18

Pecihitam.org – Surah Al-A’raf Ayat 12-18 ini menjelaskan tentang pembangkangan iblis terhadap perintah Allah untuk sujud kepada Adam dengan alasan dirinya lebih mulia dibanding adam karena ia diciptakan dari api sementara adam hanya diciptkan dari Tanah. Kesombongan iblis tersebut akhirnya membuat Allah melaknatnya untuk selama-lamanya. Akibat dari itu, iblis bertekad untuk senantiasa menyesatkan manusia.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Surah Al-A’raf Ayat 12-18

Surah Al-A’raf Ayat 12
قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Terjemahan: Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di saat Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Aku lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan aku dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”.

Tafsir Jalalain: قَالَ (Allah berfirman,) Maha Tinggi Allah, مَا مَنَعَكَ أَلَّا (“Apakah yang menghalangimu untuk) huruf laa adalah tambahan تَسْجُدَ إِذْ (bersujud di saat) tatkala أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ (Aku menyuruhmu.” Menjawab iblis, “Aku lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.”)

Surah Al-A’raf Ayat 13
قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ

Terjemahan: Allah berfirman: “Turunlah engkau dari surga itu; karena engkau sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya engkau termasuk orang-orang yang hina”.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 138-139; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا (Allah berfirman, “Turunlah engkau dari surga itu) ada yang mengatakan dari langit فَمَا يَكُونُ لَكَ (karena tidak patut) tidak layak أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ (bagi engkau menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah) dari surga إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ (sesungguhnya engkau termasuk orang-orang yang hina.”) maksudnya adalah orang-orang yang terhina.

Surah Al-A’raf Ayat 14
قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Terjemahan: Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya hingga masa mereka dibangkitkan”.

Tafsir Jalalain: قَالَ أَنْظِرْنِي (Iblis menjawab, “Beri tangguhlah saya) artinya berilah saya kesempatan إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ (hingga masa mereka dibangkitkan.”) yaitu hingga manusia dibangkitkan.

Surah Al-A’raf Ayat 15
قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ

Terjemahan: Allah berfirman: “Sesungguhnya engkau termasuk mereka yang diberi tangguh”.

Tafsir Jalalain: Dalam ayat lain dijelaskan maksud “Hingga hari yang telah ditentukan,” yaitu ketika ditiupnya sangkakala pertama.

Surah Al-A’raf Ayat 16
قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ

Terjemahan: Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum aku tersesat, aku benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,

Tafsir Jalalain: قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي (Iblis menjawab, “Karena Engkau telah menyesatkan aku) Engkau telah menghukumku; huruf ba mengandung makna qasam/sumpah dan sebagai jawabnya adalah لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ (aku benar-benar akan menghalang-halangi mereka) yaitu anak-anak Adam صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (dari jalan-Mu yang lurus) maksudnya adalah dari jalan yang dapat mempertemukan mereka kepada-Mu.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 132-135; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Surah Al-A’raf Ayat 17
ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Terjemahan: lalu aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

Tafsir Jalalain: ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ (Lalu aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka) maksudnya dari segala penjuru, kemudian aku halang-halangi mereka untuk bisa menempuh jalan-Mu itu.

Namun, Ibnu Abbas menjelaskan penafsirannya, bahwa iblis tidak akan dapat mendatangi manusia dari arah atasnya hal demikian supaya ia jangan menghalang-halangi jalan antara hamba dengan rahmat Allah SWT, وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur”) yaitu beriman.

Surah Al-A’raf Ayat 18
قَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُومًا مَدْحُورًا ۖ لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنْكُمْ أَجْمَعِينَ

Terjemahan: Allah berfirman: “Keluarlah engkau dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikutimu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam denganmu semuanya”.

Baca Juga:  Surah An Nisa Ayat 95-96; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir Jalalain: قَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُومًا (Allah berfirman, “Keluarlah engkau dari surga itu sebagai orang yang terhina) dengan memakai hamzah, artinya tercela atau kena murka Allah مَدْحُورًا (lagi terusir) dijauhkan dari rahmat Allah.

لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ (Sesungguhnya barang siapa di antara mereka mengikutimu) dari kalangan umat manusia; huruf lam menunjukkan makna ibtida/permulaan kalimat atau sebagai pendahuluan dari qasam/sumpah, yang mana sumpahnya adalah

لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنْكُمْ أَجْمَعِينَ (sungguh Aku akan memenuhi neraka Jahanam dengan kalian semuanya”) yaitu engkau dan anak-cucumu serta manusia. Pada ayat ini terkandung makna taghliibul haadhir ‘alal ghaaib atau mengutamakan yang hadir daripada yang tidak hadir; jumlah ini mengandung makna syarat, yakni: Barang siapa yang mengikutimu Aku akan menyiksanya.

Demikian uraian mengenai Surah Al-A’raf Ayat 12-18 berdasarkan Tafsir Jalalain, sebagai lanjutan dari Seri Tadabbur Al-Qur’an kita untuk surah ini. Semoga bermanfaat.

M Resky S