Surah Al-A’raf Ayat 136-137; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 136-137

Pecihitam.org – Surah Al-A’raf Ayat 136-137 mengisahkan tentang bagaimana Fir’aun dan kaumnya masih saja sewenang-wenang dan suka melampaui batas padahal mereka sudah diuji dengan berbagai tanda-tanda kekuasaan-Nya, maka Allah SWT akhirnya menghukum mereka.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 136-137;

Surah Al-A’raf Ayat 136
فَانْتَقَمْنَا مِنْهُمْ فَأَغْرَقْنَاهُمْ فِي الْيَمِّ بِأَنَّهُمْ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَكَانُوا عَنْهَا غَافِلِينَ

Terjemahan: Kemudian Kami menghukum mereka, maka Kami tenggelamkan mereka di laut disebabkan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka adalah orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami itu.

Tafsir Jalalain: فَانْتَقَمْنَا مِنْهُمْ فَأَغْرَقْنَاهُمْ فِي الْيَمِّ (Kemudian Kami menghukum mereka, maka Kami tenggelamkan mereka di laut) laut yang airnya asin بِأَنَّهُمْ (disebabkan mereka) dikarenakan mereka

كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَكَانُوا عَنْهَا غَافِلِينَ (mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka adalah orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami) tetapi mereka tidak mau memikirkannya.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah SWT memberitahukan, bahwa setelah Fir’aun dan kaumnya masih tetap bertindak sewenang-wenang dan melampaui batas padahal mereka diuji dengan berbagai tanda-tanda kekuasaan-Nya yang berturut-turut satu per satu, maka Dia pun menghukum mereka dengan menenggelamkan mereka ke dalam lautan. Laut yang Allah belah untuk penyeberangan Musa as. hingga ia bersama Bani Israil berhasil menyeberanginya.

Fir’aun dan kaumnya berusaha mengejar, dan ketika sampai, mereka pun ikut masuk ke dalamnya, hingga mereka tenggelam semua. Yang demikian itu disebabkan oleh pendustaan dan pengabaian mereka terhadap ayat-ayat Allah.

Tafsir Qurais Shihab: Maka Kami turunkan hukuman kepada mereka: Kami tenggelamkan mereka di laut karena pengingkaran yang selalu mereka lakukan terhadap ayat-ayat Kami dan karena keengganan mereka untuk mengimani dan mematuhi ayat-ayat Kami itu.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 117-122; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Surah Al-A’raf Ayat 137
وَأَوْرَثْنَا الْقَوْمَ الَّذِينَ كَانُوا يُسْتَضْعَفُونَ مَشَارِقَ الْأَرْضِ وَمَغَارِبَهَا الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا ۖ وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنَىٰ عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا ۖ وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ

Terjemahan: Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir’aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.

Tafsir Jalalain: وَأَوْرَثْنَا الْقَوْمَ الَّذِينَ كَانُوا يُسْتَضْعَفُونَ (Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu) melalui perbudakan, yaitu mereka adalah kaum Bani Israel

مَشَارِقَ الْأَرْضِ وَمَغَارِبَهَا الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا (negeri-negeri bagian timur dan bagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya) dengan air dan pohon, ini adalah kata sifat bagi tanah, yang dimaksud adalah tanah Syam

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنَىٰ (Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik) yang dimaksud ialah firman-Nya, “Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi, Mesir, itu”. (Q.S. Al-Qashash 5)

عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا (untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka) di dalam menanggung penganiayaan musuh mereka وَدَمَّرْنَا (dan Kami hancurkan) Kami binasakan مَا كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ (apa-apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya) bangunan-bangunannya

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 130-131; Seri Tadabbur Al-Qur'an

وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ (dan apa yang telah dibangun mereka) dengan mengkasrahkan ra-nya dan boleh juga didamahkan, yakni bangunan-bangunan yang telah mereka tinggikan.

Tafsir Ibnu Katsir: Dan Allah SWT memberitahukan, bahwa Dia akan mewariskan bumi dari barat sampai timur kepada kaum yang ditindas, yaitu Bani Israil. Firman-Nya yang artinya: “Dan Kami wariskan semua itu kepada kaum yang lain” (QS. Ad-Dukhaan: 28)

Mengenai firman-Nyah: مَشَارِقَ الْأَرْضِ وَمَغَارِبَهَا الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا (Negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya) dari al-Hasan al-Bashri dan Qatadah: “Yaitu negeri Syam”.

Firman-Nya lebih lanjut: وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنَىٰ عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا (Dan telah sempurnalah perkataan Rabbmu yang baik sebagai janji untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka). Mujahid dan Ibnu Jarir berkata: “(Janji yang dimaksud) yaitu firman Allah yang artinya:

“Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi (Mesir) itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi bumi. Dan akan Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi dan akan Kami perlihatkan kepada Fir’aun dan Haman beserta tentaranya apa yang selalu mereka khawatirkan dari mereka itu”. (QS. Al-Qashash: 5-6)

وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ (Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir’aun dan kaumnya) Maksudnya, Kami binasakan apa yang telah dibuat oleh Fir’aun dan kaumnya, yaitu berupa bangunan dan ladang-ladang pertanian.

Baca Juga:  Surah An-Naml Ayat 7-14; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ (Serta apa yang telah dibangun mereka). Ibnu Abbas dan Mujahid berkata: “يَعْرِشُونَ” berarti: “yabnuun” (yaitu apa yang mereka bangun)”.

Tafsir Quraish Shihab: Sekelompok orang tertindas di Mesir, yakni Bani Israil, kami anugerahkan mereka seluruh negeri–baik di belahan timur maupun barat–yang Kami berkahi dengan kesuburan dan kebaikan melimpah.

Kalimat (1) Allah terwujud secara sempurna, janji pertolongan-Nya pun terjadi pada Bani Israil yang telah bersabar menanggung kesulitan. Kami hancurkan semua yang dibuat Fir’aun dan kaumnya berupa gedung-gedung pencakar langit dan istana-istana megah serta atap-atap untuk tanaman dan pepohonan yang menjalar layaknya rambatan pohon anggur. Itulah bukti kemahakuasaan Allah, dan terbukti benarlah segala yang dijanjikan-Nya kepada Bani Israil.

(1) Kata “kalimat” dalam ayat ini ditafsirkan oleh ayat 5 surat al-Qashash, yaitu berupa jaminan Allah untuk menjadikan orang-orang yang tertindas di muka bumi sebagai pemimpin dan pewaris bumi.

Demikianlah telah kita tadabburi bersama Surah Al-A’raf Ayat 136-137 berdasarkan Tafsir Quraish Shihab, Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir. Semoga bermanfaat.

M Resky S