Surah Al-A’raf Ayat 159; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 159

Pecihitam.org – Allah SWT di dalam Surah Al-A’raf Ayat 159 ini Allah Ta’ala memberitahukan mengenai Bani Israil, bahwa di antara mereka ada golongan yang senantiasa mengikuti kebenaran serta berbuat adil dengan kebenaran tersebut.

Allah berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 159

وَمِنْ قَوْمِ مُوسَىٰ أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ

Terjemahan: Dan di antara kaum Musa itu terdapat suatu umat yang memberi petunjuk (kepada manusia) dengan hak dan dengan yang hak itulah mereka menjalankan keadilan.

Tafsir Jalalain: وَمِنْ قَوْمِ مُوسَىٰ أُمَّةٌ (Dan di antara kaum Musa itu terdapat suatu umat) suatu jemaah يَهْدُونَ (yang memberi petunjuk) kepada manusia بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ (dengan hak dan dengan yang hak itulah mereka menjalankan keadilan) di dalam memberikan keputusan hukum.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 48-49; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: Allah memberitahukan tentang Bani Israil, bahwa ada segolongan dari mereka yang mengikuti kebenaran dan berbuat adil dengan kebenaran tersebut, sebagaimana firman Allah yang artinya:

“Di antara Ahlul Kitab itu terdapat satu golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedangkan mereka juga bersujud (mengerjakan shalat)”. (QS. Ali-Imran: 113)

Tafsir Quraish Shihab: Di antara kaum Musa terdapat sekelompok orang yang tetap berpegang teguh pada agama yang benar, serta mengajak manusia untuk mengikuti kebenaran yang telah disampaikan Musa dari Tuhannya. Mereka itu, jika menentukan suatu hukum, selalu menegakkan keadilan dengan landasan kebenaran yang telah mereka dapatkan.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 184; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Tafsir Al-Wajiz: Maksudnya mereka menuntun manusia dengan berpedoman kepada petunjuk dan tuntunan yang datang dari Allah Subhaanahu wa Ta’aala. Demikian juga dalam mengadili perkara-perkara, mereka selalu mencari keadilan dengan berpedoman kepada petunjuk dan tuntunan Allah.

Dalam ayat ini terdapat keutamaan segolongan orang dari kaum Musa yang mengajarkan petunjuk kepada manusia dan berfatwa untuk mereka dengan ilmu itu, dan bahwa Allah Ta’ala menjadikan di antara mereka para imam yang mengajak kepada petunjuk.

Disebutkannya ayat ini adalah untuk mengecualikan dari golongan sebelumnya yang penuh dengan aib, jauh dari kesempurnaan dan berlawanan dengan hidayah agar tidak ada kesan bahwa semua Bani Israil seperti itu.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 99-100; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Demikian Terjemahan dan Tafsir Surah Al-A’raf Ayat 159 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab serta tambahan dari Tafsir Al-Wajiz oleh Syaikh Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah.

Semoga menambah khazanah ilmu kita tentang Al Qur’an dan menjadi cahaya dalam kehidupan kita saat ini dan kehidupan berikutnya. Aamiin

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG