Surah Al-A’raf Ayat 181-183; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 181-183

Pecihitam.org – Allah SWT menegaskan di dalam Surah Al-A’raf Ayat 181-183 bahwa siapa saja yang mendustakan ayat-ayatNya, niscaya Allah akan menjerumuskannya secara perlahan ke arah kebinasaan dengan cara yang tidak ia ketahui.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 181-183

Surah Al-A’raf Ayat 181
وَمِمَّنْ خَلَقْنَا أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِالْحَقِّ وَبِهِ يَعْدِلُونَ

Terjemahan: Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu (pula) mereka menjalankan keadilan.

Tafsir Jalalain: (Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat yang memberi petunjuk dengan hak, dan dengan yang hak itu pula mereka menjalankan keadilan) mereka adalah umat Muhammad saw. sebagaimana yang telah dijelaskan oleh hadis.

Tafsir Ibnu Katsir: وَمِمَّنْ خَلَقْنَا (Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan) Maksudnya, sebagian umat; أُمَّةٌ (ada suatu umat) yang berdiri tegak di atas kebenaran, baik ucapan maupun perbuatan.

يَهْدُونَ بِالْحَقِّ (Yang memberi petunjuk dengan haqq) Mereka mengatakannya dan menyeru kepadanya. وَبِهِ يَعْدِلُونَ (Dan dengan haq itu pula mereka menjalankan keadilan) Yaitu mereka mengamalkan dan memutuskan dengannya.

Dalam berbagai atsar telah disebutkan bahwa yang dimaksud dengan umat dalam ayat di atas, adalah umat Muhammad saw. Dan dalam Shahihain (Shahih Bukhari dan Shahih Muslim), dari Muawiyah bin Abi Sufyan, ia berkata Rasulullah bersabda:

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 154; Seri Tadabbur Al-Qur'an

“Akan senantiasa ada sekelompok dari umatku yang tegak di atas kebenaran, tidak membahayakan mereka, orang-orang yang menghinakan mereka, begitu pula orang yang menentang mereka, hingga datang hari Kiamat”.

Dalam riwayat lain disebutkan: “Hingga datang keputusan Allah, sedang mereka tetap dalam keadaan seperti itu”. Dan dalam riwayat lain lagi disebutkan: “Sedang mereka berada di Syam”.

Tafsir Quraish Shihab: Di antara orang-orang yang Kami siapkan surga untuk mereka, adalah meraka yang selalu mengajak kepada kebenaran, lalu berdasarkan kebenaran itu, mereka menegakkan keadilan dalam memutuskan hukum-hukum mereka.

Surah Al-A’raf Ayat 182
وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ

Terjemahan: Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangaur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui.

Tafsir Jalalain: وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami) yakni Al-Qur’an, dari kalangan penduduk Mekah سَنَسْتَدْرِجُهُمْ (nanti Kami akan menarik mereka secara berangsur-angsur) Kami akan mengazab mereka sedikit demi sedikit مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ (dengan cara yang tidak mereka ketahui).

Tafsir Ibnu Katsir: (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur ke arah kebinasaan, dengan cara yang tidak mereka ketahui)

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 117-122; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Artinya, Allah akan membukakan bagi mereka semua pintu rizki dan jalan kehidupan di dunia, sehingga mereka tertipu dengan keadaan yang mereka alami dan menyakini, bahwa mereka telah memperoleh sesuatu, sebagaimana firman Allah:

“Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. Maka orang-orang yang dhalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam”. (QS. Al-An’am: 44-45)

Tafsir Quraish Shihab: Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat yang Kami turunkan, setahap demi setahap Kami biarkan mereka hingga mencapai tahap maksimal. Di saat tingkat kekayaan dan kesenangan dunia telah membuat mereka lupa daratan, maka mereka akan sangat terkejut jika kebinasaan itu datang.

Surah Al-A’raf Ayat 183
وَأُمْلِي لَهُمْ ۚ إِنَّ كَيْدِي مَتِينٌ

Terjemahan: Dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh.

Tafsir Jalalain: وَأُمْلِي لَهُمْ (Dan Aku memberi tangguh kepada mereka) Kami menangguhkan mereka إِنَّ كَيْدِي مَتِينٌ (Sesungguhnya rencana-Ku amat tangguh) amat keras dan tidak bisa ditahan.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 132-135; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: وَأُمْلِي لَهُمْ (Dan Aku memberi tangguh kepada mereka) Maksudnya, akan Aku beri tangguh kepada mereka, artinya akan Aku perpanjang apa yang mereka jalani. إِنَّ كَيْدِي مَتِينٌ (Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh) Yakni sangat kuat dan keras.

Tafsir Quraish Shihab: Dan Aku beri mereka kesempatan hidup yang cukup, tanpa melupakan kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan. Rencana-Ku ini akan menyakitkan mereka, sesuai dengan kadar kejahatan yang mereka langgar.

Shadaqallahul’adzim. Demikianlah telah kita tadabburi bersama Surah Al-A’raf Ayat 181-183 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab sebagai bagian dari Seri Tadabbur Al Qur’an kita.

Semoga pembahasan Surah Al-A’raf Ayat 181-183 ini bermanfaat dan semakin menambah khazanah ilmu kita, serta semakin meningkatkan kecintaan kita terhadap Al Qur’an sehingga ia dapat menjadi cahaya dalam kehidupan kita saat ini dan kehidupan berikutnya. Aamiin

M Resky S