Surah Al-A’raf Ayat 38-39; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 38-39

Pecihitam.org – Surah Al-A’raf Ayat 38-39 menjelaskan tentang beberapa golongan di akhirat, seperti golongan manusia, jin kafir dan para pengikut setan. Mereka dikumpulkan semuanya di neraka, lalu saat mereka semua bertemu mereka saling memenyalahkan saling menuduh dan saling melaknat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Allah berfirman di dalam Surah Al-A’raf Ayat 38-39;

Surah Al-A’raf Ayat 38
قَالَ ادْخُلُوا فِي أُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ فِي النَّارِ ۖ كُلَّمَا دَخَلَتْ أُمَّةٌ لَعَنَتْ أُخْتَهَا ۖ حَتَّىٰ إِذَا ادَّارَكُوا فِيهَا جَمِيعًا قَالَتْ أُخْرَاهُمْ لِأُولَاهُمْ رَبَّنَا هَٰؤُلَاءِ أَضَلُّونَا فَآتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا مِنَ النَّارِ ۖ قَالَ لِكُلٍّ ضِعْفٌ وَلَٰكِنْ لَا تَعْلَمُونَ

Terjemahan: Allah berfirman: “Masuklah kalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kalian. Setiap suatu umat masuk (ke dalam neraka), dia mengutuk kawannya (menyesatkannya); sehingga jika mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu: “Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka”. Allah berfirman: “Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui”.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 91-93; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: قَالَ (Allah berfirman,) Maha Tinggi Allah; Dia berfirman kepada mereka kelak di hari kiamat ادْخُلُوا فِي (“Masuklah kalian ke dalam) golongan أُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ فِي النَّارِ (umat-umat yang telah terdahulu sebelum kamu dari kalangan jin dan manusia ke dalam neraka”) Jar dan majrurnya berta’alluq pada lafal “ادْخُلُوا“.

كُلَّمَا دَخَلَتْ أُمَّةٌ (Setiap umat yang masuk) ke dalam neraka لَعَنَتْ أُخْتَهَا (dia mengutuk kawannya) yang sebelumnya telah menyesatkannya حَتَّىٰ إِذَا ادَّارَكُوا (sehingga jika mereka masuk) menyusul kawan-kawannya

فِيهَا جَمِيعًا (ke dalam neraka semuanya, berkatalah orang-orang yang masuk kemudian) mereka adalah orang-orang yang hanya mengikuti قَالَتْ أُخْرَاهُمْ لِأُولَاهُمْ (kepada orang-orang yang masuk terdahulu) maksudnya para penghulu mereka yang menjadi panutan

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 82-84; Seri Tadabbur Al-Qur'an

رَبَّنَا هَٰؤُلَاءِ أَضَلُّونَا فَآتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا (“Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda) yang berkali-kali lipat مِنَ النَّارِ ۖ قَالَ (dari neraka.” Allah berfirman,) Maha Tinggi Allah, Ia Berfirman:

لِكُلٍّ (“Masing-masing) dari kalian dan dari mereka ضِعْفٌ (mendapat siksaan yang berlipat ganda) yaitu azab yang berlipat ganda وَلَٰكِنْ لَا تَعْلَمُونَ (akan tetapi mereka tidak mengetahui.”) dengan memakai ya dan ta; mereka tidak mengetahui siksaan apa yang diterima oleh masing-masing golongan.

Surah Al-A’raf Ayat 39
وَقَالَتْ أُولَاهُمْ لِأُخْرَاهُمْ فَمَا كَانَ لَكُمْ عَلَيْنَا مِنْ فَضْلٍ فَذُوقُوا الْعَذَابَ بِمَا كُنْتُمْ تَكْسِبُونَ

Terjemahan: Dan berkata orang-orang yang masuk terdahulu di antara mereka kepada orang-orang yang masuk kemudian: “Kamu tidak mempunyai kelebihan sedikitpun atas kami, maka rasakanlah siksaan karena perbuatan yang telah kamu lakukan”.

Tafsir Jalalain: وَقَالَتْ أُولَاهُمْ لِأُخْرَاهُمْ فَمَا كَانَ لَكُمْ عَلَيْنَا مِنْ فَضْلٍ (Dan berkata orang-orang yang masuk terdahulu di antara mereka kepada orang-orang yang masuk kemudian, “Kamu tidak memiliki kelebihan sedikit pun atas kami”) sebab kamu ikut kafir seperti kami, maka kami dan kamu adalah sama, kemudian Allah berfirman kepada mereka semua, فَذُوقُوا الْعَذَابَ بِمَا كُنْتُمْ تَكْسِبُونَ (maka rasakanlah siksaan dari perbuatan yang telah kamu lakukan).

Baca Juga:  Surah Ibrahim Ayat 21; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Shadaqallahul adzhim, Alhamdulillah demikian uraian singkat mengenai Surah Al-A’raf Ayat 38-39 berdasarkan Tafsir Jalalain yang merupakan kelanjutan dari seri Tadabbur Al Qur’an kita di situs ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua penuntut ilmu. Amin

M Resky S