Surah Al-Hijr Ayat 14-15; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Hijr Ayat 14-15

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Hijr Ayat 14-15, Ayat ini menyebutkan, meskipun pintu langit terbuka dan mereka mencapai alam tinggi tempat para malaikat, tetap saja mereka pastilah tidak beriman dan mencari alasan dengan mengatakan dirinya terkena sihir. Apa yang mereka sampaikan itu sebuah kebohongan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Hijr Ayat 14-15

Surah Al-Hijr Ayat 14
وَلَوْ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَابًا مِنَ السَّمَاءِ فَظَلُّوا فِيهِ يَعْرُجُونَ

Terjemahan: Dan jika seandainya Kami membukakan kepada mereka salah satu dari (pintu-pintu) langit, lalu mereka terus menerus naik ke atasnya,

Tafsir Jalalain: وَلَوْ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَابًا مِنَ السَّمَاءِ فَظَلُّوا فِيهِ (Dan seandainya Kami membukakan kepada mereka salah satu dari pintu-pintu langit, lalu mereka terus-menerus padanya) pada pintu tersebut يَعْرُجُونَ (dalam keadaan naik) selalu naik.

Baca Juga:  Surah Al-Hijr Ayat 26-27; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: Allah memberitahukan tentang kekafiran, keras kepala dan kesombongan mereka yang sangat keras terhadap kebenarakan bahwa kalaupun seandainya dibukakan pintu bagi mereka ke langit dan mereka dapat naik ke sana, pasti mereka juga tetap tidak mempercayainya.

Tafsir Quraish Shihab: Mereka telah benar-benar meminta agar diturunkan malaikat. Tetapi janganlah kamu mengira, wahai Muhammad, mereka bersedia beriman jika malaikat itu diturunkan. Bahkan, kalaupun Kami membukakan mereka suatu pintu di langit sehingga mereka dapat terus naik dan menyaksikan berbagai keajaiban serta melihat yang ada di sana.

Surah Al-Hijr Ayat 15
لَقَالُوا إِنَّمَا سُكِّرَتْ أَبْصَارُنَا بَلْ نَحْنُ قَوْمٌ مَسْحُورُونَ

Terjemahan: Tentulah mereka berkata: “Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami adalah orang orang yang kena sihir”.

Baca Juga:  Perbedaan AlQuran dan Hadits Qudsi, Ini Penjelasannya

Tafsir Jalalain: لَقَالُوا إِنَّمَا سُكِّرَتْ (Tentulah mereka berkata, “Sesungguhnya benar-benar telah dikaburkan) telah ditutup أَبْصَارُنَا بَلْ نَحْنُ قَوْمٌ مَسْحُورُونَ (pandangan kami bahkan kami adalah orang-orang yang kena sihir”) seolah-olah tampak hal itu di mata kami secara ilusi.

Tafsir Ibnu Katsir: mereka mengatakan: إِنَّمَا سُكِّرَتْ أَبْصَارُنَا (Pandangan kami kabur, tidak jelas dan kami telah tersihir) ibnu Zaid mengatakan: “Mata kami telah dikaburkan”) sakran adalah orang yang tidak dapat menggunakan fikiran [mabuk].

Tafsir Quraish Shihab: mereka tetap tidak akan beriman. Mereka akan berkata, “Penglihatan kami telah ditutup dan dikelabui. Apa yang kami lihat itu tidak lebih dari sihir yang mempengaruhi kami.” Demikianlah, pengingkaran yang merasuk kuat dalam hati mereka telah menepiskan berbagai bukti yang ada.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 46-47; Seri Tadabbur Al Qur'an

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Hijr Ayat 14-15 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S