Surah Al-Hijr Ayat 61-64; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Hijr Ayat 61-64

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Hijr Ayat 61-64 ini, Sebagaimana telah kita bahas sebelumnya bahwa para malaikat sesungguhnya ditugaskan untuk menghancurkan kaum Luth dan kehadiran mereka di sisi Nabi Ibrahim as sebagai bentuk penghormatan kepada seorang nabi besar.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sekalipun sebelum memberitahukan berita mengenai kehancuran kaum Luth, mereka terlebih dahulu memberikan kabar gembira bakal diberi anak. Setelah meninggalkan Babi Ibrahim as, Nabi Luth as pada awalnya tidak mengenal mereka karena muncul dalam bentuk pemuda tampan.

Itulah mengapa beliau khawatir kaumnya akan berbuat yang tidak-tidak terhadap mereka. Namun setelah memperkenalkan dirinya sebagai malaikat, mereka mengatakan, kami diperintahkan untuk menurunkan azab Ilahi yang kaummu ingkari.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Hijr Ayat 61-64

Surah Al-Hijr Ayat 61
فَلَمَّا جَاءَ آلَ لُوطٍ الْمُرْسَلُونَ

Terjemahan: Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya,

Tafsir Jalalain: فَلَمَّا جَاءَ آلَ لُوطٍ (Maka tatkala datang kepada kaum Luth) yang dimaksud adalah Nabi Luth الْمُرْسَلُونَ (para utusan itu).

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala memberitakan tentang Luth setelah Malaikat datang dalam bentuk pemuda-pemuda yang tampan, dan mereka masuk ke rumah Luth.

Baca Juga:  Surah As-Saffat Ayat 139-148; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Ketika para malaikat yang diutus oleh Allah untuk menurunkan azab di negeri Lûth dan pengikut- pengikutnya itu tiba.

Surah Al-Hijr Ayat 62
قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ مُنْكَرُونَ

Terjemahan: ia berkata: “Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang tidak dikenal”.

Tafsir Jalalain: قَالَ (Ia berkata) kepada para utusan itu إِنَّكُمْ قَوْمٌ مُنْكَرُونَ (Sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal)

Tafsir Ibnu Katsir: قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ مُنْكَرُونَ (Ia berkata: Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang tidak dikenal)

Tafsir Quraish Shihab: Lûth berkata kepada mereka, “Sesungguhnya kalian adalah kaum yang aku ingkari dan hindari karena khawatir kalian membawa malapetaka untuk kami.”

Surah Al-Hijr Ayat 63
قَالُوا بَلْ جِئْنَاكَ بِمَا كَانُوا فِيهِ يَمْتَرُونَ

Terjemahan: Para utusan menjawab: “Sebenarnya kami ini datang kepadamu dengan membawa azab yang selalu mereka dustakan.

Tafsir Jalalain: قَالُوا بَلْ جِئْنَاكَ بِمَا كَانُوا فِيهِ (Para utusan menjawab, “Sebenarnya kami ini datang kepadamu dengan membawa apa yang mereka) yakni kaummu يَمْتَرُونَ (mendustakannya.”) mereka meragukan tentangnya; subjek yang dimaksud adalah azab.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 55-59; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: قَالُوا بَلْ جِئْنَاكَ بِمَا كَانُوا فِيهِ يَمْتَرُونَ (Para utusan menjawab: ‘Sebenarnya kami ini datang kepadamu dengan membawa adzab yang selalu mereka dustakan.’ Maksudnya, untuk menyiksa, membinasakan, menghancurkan mereka yang selama ini mereka ragukan akan terjadinya hal seperti itu dan menimpa daerah mereka.

Tafsir Quraish Shihab: Para malaikat berkata, “Jangan takut kepada kami. Kami tidak datang membawa apa yang kamu khawatirkan. Kami datang dengan berita gembira, yaitu turunnya azab kepada kaummu yang telah mendustakanmu dengan meragukan atau mengingkari kebenaran datangnya azab itu. ‘

Surah Al-Hijr Ayat 64
وَأَتَيْنَاكَ بِالْحَقِّ وَإِنَّا لَصَادِقُونَ

Terjemahan: Dan kami datang kepadamu membawa kebenaran dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang benar.

Tafsir Jalalain: وَأَتَيْنَاكَ بِالْحَقِّ وَإِنَّا لَصَادِقُونَ (Dan kami datang kepadamu membawa kebenaran dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang yang benar) di dalam pengakuan kami ini.

Tafsir Ibnu Katsir: وَأَتَيْنَاكَ بِالْحَقِّ (Dan kami datang kepadamu membawa kebenaran) seperti firman Allah: maa nunazzilul malaa-ikata illaa bil haqqi (Kami tidak menurunkan Malaikat kecuali dengan membawa kebenaran) (al-Hijr: 8).

Baca Juga:  Surah Al-Hijr Ayat 89-93; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Dan firman-Nya: وَإِنَّا لَصَادِقُونَ (Dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang yang benar) untuk menyakinkan berita yang mereka sampaikan kepada Luth tentang keselamatan dan kebinasaan kaumnya.

Tafsir Quraish Shihab: Kami datang kepadamu dengan membawa sesuatu yang tidak mengandung keraguan, yaitu penurunan azab. Sesungguhnya menepati janji adalah sifat yang kami miliki atas kehendak Allah.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Hijr Ayat 61-64 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S