Surah Al Insyirah; Asbabun Nuzul, Tafsir, Keutamaan dan Artinya

Surah Al Insyirah

Pecihitam.org – Surah Al Insyirah (الانشراح) termasuk kelompok surah Makkiyah yang terdiri dari 8 Ayat. Surah ini berada pada urutan surah ke-94 dalam Al Qur’an dan diturunkan sesudah Surah Ad Dhuha.

Adapun Asbabun nuzul Surah Al Insyirah adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir, yang terkait dengan perjalanan dakwah Rasulullah di Mekkah. Di mana kaum kafir Quraisy selalu menghalangi perjuangan dakwah nabi. Mereka mencela nabi dan pengikutnya, dan banyak sekali rintangan dan halangan dari kafir Quraisy.

Surah ini kemudian diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyemangati beliau agar tetap teguh dalam berdakwah di tengah teror yang terus ada. Lalu sering waktu, nabi pun memperoleh kemenangan dan kemudahaan dalam menjalankan misi dakwahnya.

Isi, Tafsir Surah Al Insyirah dan Artinya

Ayat 1
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

Terjemahan: Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

Tafsir: Kami telah melapangkan dadamu dengan petunjuk dan keimanan yang ada di dalamnya.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 126-127; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Ayat 2
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ

Terjemahan: dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

Tafsir: Dan Kami, dengan menolong dan memudahkan urusanmu, telah meringankan beban-beban dakwah

Ayat 3
الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ

Terjemahan: yang memberatkan punggungmu?

Tafsir: yang memberatkan punggungmu.

Ayat 4
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

Terjemahan: Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,

Tafsir: Dan Kami telah muliakan namamu, lalu menjadikan namamu selalu tersebut oleh setiap orang yang beriman berdampingan dengan nama Kami.

Ayat 5
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Terjemahan: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

Tafsir: Itu adalah sebagian nikmat Kami padamu. Maka yakinlah dengan kasih sayang Kami, karena sesungguhnya kesulitan itu selalu disertai dengan banyak kemudahan.

Ayat 6
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Terjemahan: sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Tafsir: Rasulullah banyak sekali mengalami kesulitan dan hambatan dari orang-orang kafir, hingga beliau memperoleh kelapangan dan kemudahan, yaitu setelah beliau mengalami kemenangan atas mereka.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 144-145; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Ayat 7
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

Terjemahan: Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

Tafsir: Maka, apabila kamu telah selesai dalam urusan dakwah dan jihad, lakukanlah ibadah dengan sungguh- sungguh. Lakukanlah ibadah sampai dirimu merasa lelah.

Ayat 8
وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ

Terjemahan: dan hanya kepada Tuhanmu-lah hendaknya kamu berharap.

Tafsir: Dan hendaknya hanya kepada Tuhanmulah kamu menghadap dan mengadukan segala permasalahan dan kebutuhanmu.

Keutamaan Surah Al Insyirah

Membaca Al Qur’an tentu memiliki keutamaan atau Fadhilah tersendiri bagi pembacanya. Termasuk ketika Membaca surah Al Insyirah dengan istiqamah. Sebagaimana di jelaskan di dalam kitab Khazinatul Asrar bahwa setidaknya ada 3 keutamaan membacanya, yaitu:

Pertama, barangsiapa yang membaca surah Al Insyirah dengan rutin setiap selesai shalat Fardhu, maka akan dimudahkan segala urusannya, kesulitan akan dihilangkan dan akan mendapatkan rizeki tanpa diduga-duga.

Baca Juga:  Surah Asy-Syu'ara Ayat 23-28; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Kedua, barangsiapa yang membacanya dengan rutin maka akan diberi kemudahan rezeki, kelapangan dada, dan menghilangkan rasa malas untuk beribadah.

Ketiga, barangsiapa yang membacanya di waktu Dhuha sebanyak 200 kali, maka ia akan diberi kemampuan untuk melihat hal-hal yang istimewa dan rahasia-rahasia yang mengherankan.

Demikian penjelasan singkat tentan Asbabun nuzul Surah Al Insyirah, yang dilengkapi dengan tafsir, keutamaan dan artinya. Semoga bermanfaat

M Resky Syafri
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *