Surah Al-Isra Ayat 68; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Isra Ayat 68

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Isra Ayat 68 ini, menjelaskan bahwa bencana itu bisa terjadi di mana-mana, meskipun selamat dari bencana yang mengancam mereka di lautan, yang berupa topan dan badai, di daratan bencana yang lebih dahsyat mungkin saja terjadi, seperti gempa bumi, hujan batu, banjir, dan sebagainya. Semuanya berada dalam kekuasaan Allah yang menciptakan langit dan bumi serta seluruh makhluk yang berada di antara keduanya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Isra Ayat 68

أَفَأَمِنتُمْ أَن يَخْسِفَ بِكُمْ جَانِبَ الْبَرِّ أَوْ يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِبًا ثُمَّ لَا تَجِدُوا لَكُمْ وَكِيلً

Terjemahan: Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindungpun bagi kamu,

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 56-57; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: أَفَأَمِنتُمْ أَن يَخْسِفَ بِكُمْ جَانِبَ الْبَرِّ (Apakah kalian merasa aman manakala Dia meruntuhkan sebagian daratan bersama kalian) artinya bumi itu menelan kalian sebagaimana yang terjadi atas diri Qarun أَوْ يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِبًا (atau Dia mengirimkan kepada kalian batu-batu kerikil) yakni Allah melempar kalian dengan batu-batu kerikil sebagaimana yang terjadi atas kaum Nabi Luth ثُمَّ لَا تَجِدُوا لَكُمْ وَكِيلً (kemudian kalian tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagi diri kalian) yang dapat memelihara diri kalian daripada hukuman-Nya.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman, apakah kalian mengira dengan keluar dari laut ke daratan itu akan aman dari siksaan dan adzab Allah. “Yang dapat menjungkir-balikkan sebagian daratan bersama kalian atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil?” Yakni, hujan yang di dalamnya terdapat batu. Demikian yang dikemukakan oleh Mujahid dan beberapa ulama lainnya.

Baca Juga:  Surah Al-Isra' Ayat 82; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Sebagaimana yang difirmankan-Nya dalam surat yang lain: “Agar Kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah yang keras.” (QS. Al-Hijr: 74)

Dan firman-Nya: ثُمَّ لَا تَجِدُوا لَكُمْ وَكِيلً (Dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagimu) Yakni, penolong yang menghindarkan hal itu dari diri kalian dan menyelamatkan kalian darinya.

Tafsir Kemenag: Allah mengancam orang-orang yang mengingkari nikmat-nikmat-Nya, yang mengira bahwa dengan selamatnya mereka dari ancaman topan dan badai itu, mereka aman dari hukuman Allah Yang berkuasa menjungkirbalikkan sebagian daratan, sehingga mereka terpendam ke perut bumi.

Apabila berkehendak, Allah berkuasa meniupkan angin keras dan menghujani mereka dengan batu-batu kecil sehingga mereka lenyap dalam waktu yang sangat singkat dari permukaan bumi ini.

Baca Juga:  Surah Yasin Ayat 55-58; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Dalam keadaan seperti itu, mereka tidak akan mendapatkan seorang pelindung yang mampu menyelamatkan mereka dari bencana tersebut kecuali Allah Yang Mahakuasa menghidupkan dan mematikan seluruh makhluk-Nya.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Isra Ayat 68 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S