Surah Al-Maidah Ayat 35-37; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 35-37

Pecihitam.org – Surah Al-Maidah Ayat 35-37 Allah SWT memerintahkan hamba-hamba-Nya yang beriman agar senantiasa bertaqwa kepada-Nya, yaitu tindakan menghindari segala hal yang haram atau meninggalkan segala larangan-Nya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 35-37

Surah Al-Maidah Ayat 35
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Penjelasan ayat: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ (Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kalian kepada Allah) artinya takutlah akan siksa-Nya dengan jalan menaati-Nya وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ (dan carilah jalan kepada-Nya) yaitu jalan yang akan mendekatkan diri kalian kepada-Nya dengan jalan taat dan ibadah

Sufyan ats-Tsauri mengatakan dari Thalhah, dari Atha’, dari ibnu Abbas: “Maksudnya adalah kedekatan.” Hal serupa juga dikemukakan Mujahid, Abu Wa-il, al-Hasan, Qatadah, Abdullah bin Katsir, as-Suddi, Ibnu Zaid, dan beberapa ulama lainnya.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 14-17; Seri Tadabbur Al Qur’an

وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ (dan berjihadlah di jalan-Nya) maksudnya untuk meninggikan agama-Nya لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (Agar kalian beruntung atau memperoleh keberhasilan).

Surah Al-Maidah Ayat 36
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لِيَفْتَدُوا بِهِ مِنْ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَا تُقُبِّلَ مِنْهُمْ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Penjelasan ayat: إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ (Sesungguhnya orang-orang kafir, sekiranya) terjadilah أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لِيَفْتَدُوا بِهِ مِنْ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَا تُقُبِّلَ مِنْهُمْ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (bahwa mereka memiliki seluruh yang terdapat di bumi dan sebanyak itu lagi sebagai tambahannya untuk menebus diri mereka dari siksa hari kiamat tidaklah akan diterima dari mereka dan bagi mereka azab yang pedih).

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 106-108; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-Maidah Ayat 37
يُرِيدُونَ أَنْ يَخْرُجُوا مِنَ النَّارِ وَمَا هُمْ بِخَارِجِينَ مِنْهَا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ

Penjelasan ayat: يُرِيدُونَ (Mereka ingin) mengangankan أَنْ يَخْرُجُوا مِنَ النَّارِ وَمَا هُمْ بِخَارِجِينَ مِنْهَا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ (hendak keluar dari neraka, tetapi tidak mungkin keluar daripadanya dan bagi mereka siksa yang kekal) untuk selama-lamanya.

Shadaqallahul ‘adzhim. Demikianlah Tafsir Jalalain Surah Al-Maidah Ayat 35-37 sebagai lanjutan dari seri Tadabbur Al Qur’an sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi penulis dan yang membacanya.