Surah Al-Maidah Ayat 8-10; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 8-10

Pecihitam.org – Surah Al-Maidah Ayat 8-10 menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan hamba-hambaNya yang beriman untuk dapat berlaku adil, baik terhadap kawan maupun terhadap musuh.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 8-10

Surah Al-Maidah Ayat 8
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Terjemahan: Hai orang-orang yang beriman hendaklah kalian menjadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencian kalian terhadap suatu kaum, mendorong kalian untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 100-102; Seri Tadabbur Al Qur'an

Penjelasan: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ (Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kalian selalu berdiri karena Allah) menegakkan kebenaran-kebenaran-Nya

شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ (menjadi saksi dengan adil) وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ (dan janganlah kalian terdorong oleh kebencian kepada suatu kaum) maksudnya kepada orang-orang kafir عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا (untuk berlaku tidak adil) sehingga kalian menganiaya mereka karena permusuhan mereka itu.

اعْدِلُوا (Berlaku adillah kalian) baik terhadap musuh maupun terhadap kawan هُوَ (karena hal itu) maksudnya keadilan tersebut أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ (lebih dekat kepada ketaqwaan).

وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan) sehingga kalian akan menerima pembalasan daripadanya.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 48-50; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-Maidah Ayat 9
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۙ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

Terjemahan: Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal shaleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar (surga).

Penjelasan: Allah SWT memberi karunia-Nya dengan menjanjikan orang-orang yang beriman kepada agama-Nya dan selalu melakukan amal shaleh, untuk mengampuni dosa-dosa dan melimpahkan pahala yang besar kepada mereka.

Surah Al-Maidah Ayat 10
وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Terjemahan: Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu adalah penghuni neraka.

Penjelasan: Orang-orang yang membangkang terhadap agama Allah dan mendustakan ayat-ayat yang membuktikan keesaan dan kebenaran risalah-Nya adalah penghuni neraka yang akan kekal di dalamnya.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 24-25; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Demikian telah kita bahas Surah Al-Maidah Ayat 8-10 sebagai kelanjutan dari seri Tadabbur Al Qur’an kita yang merujuk pada Tafsir Jalalain. Semoga bermanfaat

M Resky S