Surah An-Nahl Ayat 2; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah An-Nahl Ayat 2

Pecihitam.org – Kandungan Surah An-Nahl Ayat 2 ini, Allah menurunkan malaikat dengan membawa wahyu berdasar perintahnya kepada siapa saja yang dikehendakinya dari hamba-hambanya yang diutus sebagai rasul-rasul (yang berisi perintah) ”peringatkanlah manusia dari perbuatan syirik,

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

dan bahwasannya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Aku. Maka takutlah kepadaku dengan menjalankan kewajiban-kewajiban yang Aku tetapkan dan mengesakan Aku dalam pereibadahan dan keikhlasan.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 2

يُنَزِّلُ الْمَلَائِكَةَ بِالرُّوحِ مِنْ أَمْرِهِ عَلَى مَن يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ أَنْ أَنذِرُوا أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاتَّقُونِ

Terjemahan: Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: “Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku”.

Tafsir Jalalain: يُنَزِّلُ الْمَلَائِكَةَ (Dia menurunkan malaikat) yakni malaikat Jibril بِالرُّوحِ (dengan wahyu) dengan membawa wahyu مِنْ أَمْرِهِ (atas perintah-Nya) berdasarkan kehendak-Nya عَلَى مَن يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ (kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya) mereka adalah para nabi أَنْ (yaitu) huruf an di sini bermakna mufassirah atau kata penafsir

Baca Juga:  Surah An-Nahl Ayat 61-62; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

أَنذِرُو (peringatkanlah olehmu sekalian) peringatkanlah orang-orang kafir dengan azab, dan beritahukanlah kepada mereka أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاتَّقُونِ (bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Aku, maka hendaklah kalian bertakwa kepada-Ku) artinya takutlah kalian kepada-Ku.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman: يُنَزِّلُ الْمَلَائِكَةَ بِالرُّوحِ (Dia menurunkan para malaikat dengan [mebawa] ruh) maksudnya wahyu. Dan firman Allah: عَلَى مَن يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ (Kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya) mereka adalah para Nabi.

Fiman-Nya: أَنْ أَنذِرُو (“Peringatkanlah olehmu sekalian”) maksudnya agar mereka semua diberi peringatan: أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاتَّقُونِ (“Bahwasannya tidak ada ilah [yang haq] melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku”) maksudnya takutlah kamu kepada siksa-Ku , yang Aku peruntukkan bagi orang yang membangkang terhadap perintahku dan menyembah selain Aku.

Baca Juga:  Surah An-Nahl Ayat 75; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Kemenag: Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk mengatakan bahwa berita itu diketahui dari wahyu yang diturunkan Allah melalui malaikat. Dari wahyu itulah berita-berita gaib dapat diketahui. Wahyu itu dibawa oleh malaikat dengan perintah Allah kepada hamba-Nya yang dikehendaki.

Penjelasan itu dikemukakan agar mereka dapat mengetahui bahwa seseorang yang menerima wahyu berarti telah menerima tugas kenabian. Yang dimaksud dengan roh dalam ayat ini ialah wahyu. Wahyu itu diberikan oleh Allah kepada para hamba-Nya yang terpilih dan mempunyai kesiapan mental untuk menerimanya.

Gunanya sebagai sarana untuk memberikan peringatan kepada para hamba Allah. Antara lain, untuk menyampai-kan ajaran tauhid dan meyakinkan mereka tentang keesaan Allah, bahwa tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah dan Dialah Tuhan bagi segala makhluk, sedang tuhan-tuhan yang lain adalah tuhan ciptaan mereka yang jauh dari kebenaran.

Baca Juga:  Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 224-225 dan Terjemahannya

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah An-Nahl Ayat 2 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S