Surah An-Nisa Ayat 166-170; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah An-Nisa Ayat 166-170

Pecihitam.org – Surah An-Nisa Ayat 166-170 menjelaskan tentang penetapan kebenaran al-Qur’an, bahwa al-Qur’an benar-benar diturunkan dari Allah SWT dan penjelasan tentang di antara tujuan diutusnya para Rasul.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Penjelasan dan Hikmah
Surah An-Nisa Ayat 166-170

Surah An-Nisa Ayat 166
لَٰكِنِ اللَّهُ يَشْهَدُ بِمَا أَنْزَلَ إِلَيْكَ ۖ أَنْزَلَهُ بِعِلْمِهِ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَشْهَدُونَ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا

Terjemahan: (Mereka tidak mau mengakui yang diturunkan kepadamu itu), tetapi Allah mengakui Al Quran yang diturunkan-Nya kepadamu. Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya; dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula). Cukuplah Allah yang mengakuinya.

Penjelasan: لَكِنِ اللَّهُ يَشْهَدُ بِمَا أَنزلَ إِلَيْكَ yaitu sekalipun kaum kafir itu mengingkari Al-Qur’an dan mereka dari golongan orang-orang yang mendustakan dan menentangmu. Maka Allah SWT akan tetap mengakui bahwa engkau adalah utusan Allah SWT yang diturunkan kepadanya Al-Qur’an yang agung.

أَنزلَهُ بِعِلْمِهِ Dengan pengetahuan-Nya, Allah ingin menunjukkan kepada hamba-hambaNya tentang Al-Qur’an yang di dalamnya terdapat keterangan-keterangan, hidayah, pembeda antara yang hak dan yang batil, perkara-perkara yang disukai dan diridai Allah, dan hal-hal yang dibenci dan ditolak-Nya.

وَالْمَلائِكَةُ يَشْهَدُونَ Malaikat pun menjadi saksi, yaitu atas kebenaran apa yang disampaikan olehmu dan apa yang di­wahyukan kepadamu serta kitab yang diturunkan kepadamu disertai dengan pengakuan Allah atas hal tersebut.

Baca Juga:  Surah An-Nisa Ayat 103-104; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah An-Nisa Ayat 167
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَصَدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ قَدْ ضَلُّوا ضَلَالًا بَعِيدًا

Terjemahan: Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah, benar-benar telah sesat sejauh-jauhnya.

Penjelasan: Mereka kafir dan tidak mau mengikuti perkara yang haq, bahkan mereka berusaha menghalang-halangi Umat manusia untuk mengikuti dan menuruti jejak perkara yang hak. Mereka benar-benar telah keluar dari jalan yang benar, sesat darinya, dan jauh dari perkara yang hak, jauh yang amat mencolok.

Surah An-Nisa Ayat 168
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَظَلَمُوا لَمْ يَكُنِ اللَّهُ لِيَغْفِرَ لَهُمْ وَلَا لِيَهْدِيَهُمْ طَرِيقًا

Terjemahan: Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kezaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka,

Penjelasan: Orang-orang yang kafir dan menganiaya diri mereka dengan kekufuran, menganiaya Rasulullah saw. dengan mengingkari risalahnya, dan menganiaya manusia dengan menyembunyikan kebenaran, sungguh tidak akan diampuni Allah SWT selama mereka masih kafir. Mereka juga tidak akan ditunjukkan Allah ke jalan keselamatan. Allah memang tidak akan mengampuni orang-orang yang sesat seperti mereka.

Baca Juga:  Surah Al-Jin Ayat 11-17; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Surah An-Nisa Ayat 169
إِلَّا طَرِيقَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرًا

Terjemahan: kecuali jalan ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

Penjelasan: إِلَّا طَرِيقَ جَهَنَّمَ Maksudnya jalan menuju ke sana (خَالِدِينَ فِيهَا) artinya ditakdirkan kekal (فِيهَا) jika mereka telah memasukinya (أَبَدًا) buat selama-lamanya. (وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرًا) Dan yang demikian itu bagi Allah mudah, artinya gampang dan tidak sulit adanya.

Surah An-Nisa Ayat 170
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمُ الرَّسُولُ بِالْحَقِّ مِنْ رَبِّكُمْ فَآمِنُوا خَيْرًا لَكُمْ ۚ وَإِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Terjemahan: Wahai manusia, sesungguhnya telah datang Rasul (Muhammad) itu kepadamu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu, maka berimanlah kamu, itulah yang lebih baik bagimu. Dan jika kamu kafir, (maka kekafiran itu tidak merugikan Allah sedikitpun) karena sesungguhnya apa yang di langit dan di bumi itu adalah kepunyaan Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Penjelasan: (يَا أَيُّهَا النَّاسُ) maksudnya warga Mekah (قَدْ جَاءَكُمُ الرَّسُولُ) yakni Nabi Muhammad SAW (بِالْحَقِّ مِنْ رَبِّكُمْ فَآمِنُوا) kepadanya dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu (خَيْرًا لَكُمْ) dari apa yang melingkungimu.

Baca Juga:  Tadabbur Surah An Nisa Ayat 13-14; Tafsir dan Terjemahan

(وَإِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ) Maksudnya, Allah SWT tidak memerlukan kalian dan iman kalian, dan Dia tidak terkena mudarat karena kekafiran kalian.

(وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا) Dan adalah Allah Maha Mengetahui, Yaitu terhadap orang yang berhak memperoleh hidayah dari kalian, maka Dia memberinya hidayah, dan terhadap orang yang berhak mendapat kesesatan, lalu Dia menyesatkannya.

(حَكِيمًا) lagi Maha Bijaksana, Yaitu dalam segala ucapan, perbuatan, syariat dan takdir-Nya.

Demikian pembahasan tentang Surah An-Nisa Ayat 166-170 sebagai materi Tadabbur Al Qur’an kali ini. Adapun tafsirnya masih merujuk pada Tafsir Ibn Katsir. Semoga menambah khazanah Ilmu Al Qur’an kita. Amin

M Resky S