Surah An Nisa Ayat 80-81; Seri Tadabbur Al Qur’an

An Nisa Ayat 80-81

Pecihitam.org – Tafsir Surah An Nisa Ayat 80-81 merupakan kelanjutan dari Seri Tadabbur Al Qur’an kita sebelumnya. Ayat ini menjelaskan tentang perintah untuk menaati Rasulullah SAW, serta menjelaskan tentang para kaum munafik beserta kemunafikan mereka.

Terjemahan dan Tafsir
Surah An Nisa Ayat 80-81

Surah An Nisa Ayat 80
مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ ۖ وَمَنْ تَوَلَّىٰ فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا

Terjemahan: Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.

Penjelasan: مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ ; Allah SWT mengabarkan tentang hamba dan Rasul-Nya, Muhammad SAW, bahwa barangsiapa yang taat padanya, berarti ia taat pada Allah. Dan barangsiapa yang bermaksiat padanya, maka berarti ia bermaksiat pada Allah. Hal demikian tiada lain karena beliau tidaklah berkata dari hawa nafsunya, melainkan dari wahyu yang diwahyukan oleh Allah SWT.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang taat padaku, maka berarti ia taat kepada Allah. Dan barangsiapa yang maksiat padaku, berarti ia maksiat kepada Allah. Barangsiapa yang taat pada amir, berarti ia taat padaku dan barangsiapa yang maksiat pada amir, maka berarti ia maksiat padaku.” (Hadits ini tercantum dalam kitab Shahihain dari al-A’masy).

Baca Juga:  Surah Al-Hujurat 14-18; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

وَمَنْ تَوَلَّىٰ فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا (“Dan barangsiapa yang berpaling, maka kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.”) Maksudnya adalah tidak dibebankan kepadamu. Sesungguhnya kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Maka siapa saja yang mengikutimu, maka ia akan bahagia dan selamat. Dan engkau akan mendapatkan pahala sebesar yang dihasilkan oleh orang yang mengikuti. Sedangkan siapapun yang berpaling darimu, maka mereka akan celaka dan rugi, serta tidak ada bagimu urusan dengan mereka sedikitpun.

Surah An Nisa Ayat 81
وَيَقُولُونَ طَاعَةٌ فَإِذَا بَرَزُوا مِنْ عِنْدِكَ بَيَّتَ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ غَيْرَ الَّذِي تَقُولُ ۖ وَاللَّهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُونَ ۖ فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا

Terjemahan: Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: “(Kewajiban kami hanyalah) taat”. Tetapi jika mereka telah pergi dari sisimu, sebagian dari mereka mengatur siasat di malam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam itu, maka berpalinglah dari mereka dan bertawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.

Baca Juga:  Tadabbur Surah An Nisa Ayat 15-16; Tafsir dan Terjemahan

Penjelasan: وَيَقُولُونَ طَاعَةٌ (“Dan mereka berkata: ‘Kewajiban kami hanyalah taat”) Allah memberitahukan tentang orang-orang munafik, bahwa mereka menunjukkan kesepakatan dan ketaatan; فَإِذَا بَرَزُوا مِنْ عِنْدِكَ (“Dan jika mereka telah pergi dari sisimu.”) Yaitu apabila mereka keluar dan tersembunyi darimu,

بَيَّتَ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ غَيْرَ الَّذِي تَقُولُ (“Sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari, berbeda dari yang telah mereka katakan tadi.”) Maksudnya adalah mereka mengadakan pertemuan rahasia di waktu malam tentang apa yang ada di antara mereka, sangat berbeda dengan apa yang telah mereka perlihatkan kepadamu.

Maka Allah SWT berfirman: وَاللَّهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُونَ (“Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu,”) yakni Allah SWT mengetahui dan mencatat sesuai dengan perintah yang diberikan-Nya kepada para Malaikat penjaga yang mewakili hamba-hamba-Nya.

Makna ancaman ini ialah Allah mengabarkan, bahwa Allah Maha Mengetahui atas apa yang mereka sembunyikan dan rahasiakan di antara mereka, serta apa yang mereka kerjakan di waktu malam dari penentangan dan kedurhakaan kepada Rasulullah SAW, sekalipun mereka menunjukkan ketaatan dan kesepakatan terhadap beliau.

Dan Allah SWT akan membalas mereka atas semua itu. Sebagaimana firman-Nya di dalam Surah A Nur, ayat 47 yang artinya: “Dan mereka mengatakan: ‘Kami telah beriman kepada Allah dan Rasul, dan kami menaati (keduanya).'” (QS. An-Nur: 47)

Baca Juga:  Surah An Nisa Ayat 66-70; Seri Tadabbur Al Qur'an

فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ (“Maka berpalinglah kamu dari mereka”) Maknanya adalah maafkanlah, bersabarlah terhadap mereka dan jangan membalasnya. Janganlah engkau sebarkan perkara mereka atas orang lain dan jangan takut kepada mereka.

وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا (“Dan tawakkallah kepada Allah. Cukuplah Allah yang menjadi pelindung.”) Maknanya, cukuplah Allah yang menjadi pelindung, penolong dan pendukung bagi orang yang bertawakkal dan berserah diri serta orang yang kembali kepada-Nya.

Demikian pembahasan kita tentang kandungan dan tafsir Surah An Nisa Ayat 80-81 sebagai bagian dari seri Tadabbur Al Qur’an yang mengambil rujukan dari Kitab Tafsir Ibnu Katsir.

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG