Surah Ar-Ra’d Ayat 15; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Ar-Ra'd Ayat 15

Pecihitam.org – Kandungan Surah Ar-Ra’d Ayat 15, ayat ini sama seperti kandungan ayat 49 surat an-Nahl, berbicara tentang seluruh isi alam ini yang bersujud kepada Allah Swt. Bahkan dalam ayat ini digunakan istilah yang begitu halus dan menarik sekali, yaitu dikatakan bahwa bayang-bayang segala sesuatu itu pun bersujud di hadapan Allah Swt.

Mungkin yang dimaksud ialah bahwa bayang-bayang segala sesuatu, jika berada ditempat terbuka, selalu terjatuh ke atas tanah, sama sebagaimana orang yang bersujud, menjatuhkan diri ke atas tanah.

Ayat ini mengatakan bahwa jika orang-orang kafir tidak bersedia bersujud di hadapan Allah, maka sikap mereka itu sama sekali tidak ada artinya, karena seluruh alam dengan keagungannya ini, merendahkan diri dan bersujud di hadapan Allah.

Baca Juga:  Surah Ar-Ra'd Ayat 1; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Ar-Ra’d Ayat 15

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ ۩

Terjemahan: Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.

Tafsir Jalalain: وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا (Hanya kepada Allahlah sujud segala apa yang ada di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri) seperti orang-orang yang beriman

وَكَرْهًا (atau pun terpaksa) seperti orang-orang munafik dan orang-orang yang dipaksa dengan kekerasan وَ (dan) sujud pula ظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ (bayang-bayangnya di waktu pagi) pada pagi hari وَالْآصَالِ (dan petang hari) sore hari.

Baca Juga:  Surah Ar-Ra'd Ayat 17; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: Allah memberitahukan tentang kebesaran dan kekuasaan-Nya yang dapat menundukkan segala sesuatu, dan semuanya patuh kepada-Nya.

Karena itu, segala sesuatu sujud (tunduk) kepadanya baik secara suka rela yaitu dari orang-orang mukmin, maupun terpaksa seperti orang-orang kafir.

وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ (Dan sujud pula bayang-bayang mereka di waktu pagi) pagi hari. وَالْآصَالِ (Dan petang hari) aashaal jamak dari ashiil artinya sore hari.

Tafsir Quraish Shihab: Semua makhluk yang ada di langit dan di bumi seperti manusia, jin, malaikat dan makhluk-makhluk lainnya tunduk kepada kehendak dan kebesaran Allah, baik secara sadar dan patuh maupun secara tidak sadar dengan apa yang terjadi pada diri mereka. Bahkan, lebih dari itu, panjang pendeknya bayangan kalian di waktu siang dan petang, juga tunduk dan patuh kepada perintah dan larangan Allah.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 89-92; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Ar-Ra’d Ayat 15 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG