Surah At Takasur; Tafsir, Asbabun Nuzul dan Artinya

Surah At Takasur

Pecihitam.org – Surah At Takasur termasuk ke dalam Surah Makkiyah juga yang terdiri dari 8 ayat. Surah yang ke-102 dalam Al Qur’an ini diturunkan oleh Allah SWT setelah surah Al Kautsar. At Takasur sendiri bermakna bermegah-megahan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun asbabun nuzul surah At Takasur ini, sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Hatim dari Ibnu Buraidah meriwayatkan bahwa ayat ini (1-2) turun berhubungan dengan dua kabilah Anshar, bani Haritsah dan Bani Harits yang saling menyombongkan diri dengan kekayaan dan keturunannya.

Mereka saling melempar pertanyaan yang bernada sombong: “Apakah kalian mempunyai pahlawan yang segagah dan secekatan si Fulan?” mereka saling membanggakan diri atas kedudukan dan kekayaan orang-orang yang masih hidup.

Bahkan demi memuaskan kebanggaan dan kesombongan di antara mereka, mereka pun saling mengajak ke kuburan untuk menyombongkan kepahlawanan golongannya yang sudah gugur, dengan menuju dan menunjukkan kuburannya. Ayat ini (1-2) turun sebagai teguran kepada orang-orang yang hidup bermegah-megahan sehingga ibadahnya kepada Allah terlalaikan.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 45; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Selain dari itu, di dalam riwayat Ibnu Jarir dari Ali disebutkan bahwa Ali pernah berkata: “Pada awalnya kami sangsi tentang siksa kubur. Setelah turun ayat ini (1-4), hilanglah kesangsian itu.”

Terjemahan dan Tafsir Surah At Takasur

Ayat 1
أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ

Terjemahan: Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,

Tafsir: (Telah membuat kalian lalai) atau telah melalaikan kalian dari taat kepada Allah (bermegah-megahan) yaitu saling bangga-membanggakan harta, anak-anak dan pembantu-pembantu.

Ayat 2
حَتَّىٰ زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ

Terjemahan: sampai kamu masuk ke dalam kubur.

Tafsir: (Sampai kalian masuk ke dalam kubur) hingga kalian mati dikubur di dalam tanah; atau hingga kalian menghitung-hitung banyaknya orang yang telah mati.

Ayat 3
كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ

Terjemahan: Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),

Tafsir: (Janganlah begitu; kalimat ini mengandung hardikan dan cegahan) Sungguh, kalian akan mengetahui balasan kebodohan dan keteledoran kalian.

Ayat 4
ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ

Baca Juga:  Surah Al-Anfal Ayat 30; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Terjemahan: dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.

Tafsir: Kemudian, sungguh, kalian juga pasti akan mengetahuinya. Akibat buruk dari perbuatan kalian itu di kala kalian menjelang kematian, kemudian sewaktu kalian telah berada di dalam kubur.

Ayat 5
كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ

Terjemahan: Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,

Tafsir: Sungguh, jika kalian mengetahui dengan yakin betapa buruknya tempat kembali kalian, kalian pasti akan merasa terkejut dengan gaya hidup kalian yang bermegah-megahan itu. Dan tentu kalian akan berbekal diri untuk akhirat.

Ayat 6
لَتَرَوُنَّ الْجَحِيمَ

Terjemahan: niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim,

Tafsir: Aku bersumpah kepada kalian, wahai manusia, dan Aku tekankan sumpah-Ku itu bahwa sesungguhnya kalian pasti akan melihat dengan nyata api neraka yang menyala-nyala.

Ayat 7
ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ

Terjemahan: dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin.

Tafsir: Kemudian Aku bersumpah, dan Aku tekankan sumpah-Ku itu, bahwa kalian akan melihatnya dengan mata telanjang dan penuh keyakinan.

Baca Juga:  Surah Al-Furqan Ayat 4-6; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Ayat 8
ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ

Terjemahan: kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).

Tafsir: Kemudian Aku bersumpah, dan Aku tekankan sumpah-Ku itu, bahwa kelak kalian akan ditanya tentang segala karunia yang kalian nikmati secara bermegah-megahan.

Demikian penjelasan singkat tentang Tafsir dan Terjemahan Surah At Takasur yang dilengkapi dengan Asbabun Nuzulnya. Semoga kita dapat memetik hikmah di dalamnya.

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.