Surah At-Taubah Ayat 34-35; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 34-35

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 34-35 ini menjelaskan bahwa sebagian besar dari Tokoh kaum Yahudi dan Para rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang bathil, dan mereka juga menghalang-halangi manusia dari jalan Allah SWT.

Ayat ini juga menjelaskan tentang mereka yang senang mengumpulkan harta baik berupa emas dan perak, akan tetapi mereka tidak menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT maka mereka akan mendapatkan siksaan yang sangat pedih oleh karena harta itu.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 34-35

Surah At-Taubah Ayat 34
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْأَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۗ وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Terjemahan: Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 121; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْأَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ (Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan) yakni mengambil

أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ (harta benda orang lain dengan cara yang batil) seperti menerima suap dalam memutuskan hukum وَيَصُدُّونَ (dan mereka menghalang-halangi) manusia عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ (dari jalan Allah) dari agama-Nya.

وَالَّذِينَ (Dan orang-orang) lafal ini menjadi mubtada/permulaan kata يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا (yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya) dimaksud ialah menimbunnya

فِي سَبِيلِ اللَّهِ (pada jalan Allah) artinya mereka tidak menunaikan hak zakatnya dan tidak membelanjakannya ke jalan kebaikan

فَبَشِّرْهُمْ (maka beritahukanlah kepada mereka) beritakanlah kepada mereka بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (akan siksa yang pedih) yang amat menyakitkan.

Tafsir Quraish Shihab: Wahai orang-orang Mukmin, ketahuilah bahwa banyak di antara orang alim dari kalangan Yahudi dan rahib-rahib Nasrani yang menghalalkan harta orang secara tidak benar, menyalahgunakan kepercayaan dan ketundukan orang lain kepada mereka dalam setiap perkataan mereka, dan menghalang-halangi orang untuk masuk Islam.

Baca Juga:  Surah Ali Imran Ayat 53-61; Seri Tadabbur Al Qur'an

Wahai Nabi, orang-orang yang mengusai dan menyimpan harta benda berupa emas maupun perak, dan tidak menunaikan zakatnya, ingatkanlah mereka akan siksa yang sangat pedih.

Surah At-Taubah Ayat 35
يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

Terjemahan: pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”

Tafsir Jalalain: يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا (Pada hari dipanaskan emas dan perak itu dalam neraka Jahanam lalu disetrika) dibakar جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ (dengannya dahi, lambung dan punggung mereka) bakaran emas-perak itu merata mengenai seluruh kulit tubuh mereka lalu dikatakan kepada mereka

هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ (“Inilah harta benda kalian yang kalian simpan untuk diri kalian sendiri, maka rasakanlah sekarang akibat dari apa yang kalian simpan itu”) sebagai pembalasannya.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 128-129; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Pada hari kiamat, semua harta benda itu akan dijadikan bahan bakar di neraka jahanam yang menghanguskan hati, lambung dan punggung pemiliknya.

Lalu dikatakan kepada mereka, sebagai suatu penghinaan, “Inilah apa yang kalian simpan untuk diri kalian, sementara kalian tidak memenuhi hak Allah. Rasakanlah sekarang siksa yang amat pedih.”

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 34-35 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky Syafri
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG