Surah At-Taubah Ayat 67-68; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 67-68

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 67-68 menjelaskan sebagian ciri terpenting orang-orang Munafik serta menyebutkan bahwa mereka senasib dengan orang-orang kafir pada Hari Kiamat. Kedua kelompok tersebut akan kekal di dalamnya. Karena tidak ada jalan keluar bagi kedua kelompok ini, mereka justru akan mendapat kutukan dan murka Allah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 67-68

Surah At-Taubah Ayat 67
الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ ۚ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Terjemahan: Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik.

Tafsir Jalalain: الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ (Orang-orang munafik laki-laki dan orang-orang munafik perempuan sebagian dari mereka dengan sebagian yang lain adalah sama) yakni mereka mempunyai sikap dan sepak terjang yang sama, perihalnya sama dengan setali tiga uang

يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ (mereka menyuruh membuat yang mungkar) berupa kekafiran dan maksiat-maksiat وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ (dan melarang berbuat yang makruf) berupa keimanan dan ketaatan وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ (dan mereka menggenggam tangannya) daripada berinfak di jalan ketaatan

Baca Juga:  Surah An-Nisa Ayat 110-113; Seri Tadabbur Al Qur'an

نَسُوا اللَّهَ (mereka telah lupa kepada Allah) artinya mereka tidak mau taat kepada-Nya فَنَسِيَهُمْ (maka Allah melupakan mereka) dibiarkannya mereka melupakan pertanda sifat pemurah Allah. إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ (Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik).

Tafsir Ibnu Katsir: Allah SWT berfirman mengingkari sifat orang-orang munafik yang berbeda dengan sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang beriman. Kalau orang-orang mukmin selalu memerintahkan kepada kebajikan dan melarang perbuatan mungkar, maka orang-orang munafik mempunyai ciri khas seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:

{يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ} mereka menyuruh membuat yang mungkar dan melarang berbuat yang makruf, dan mereka menggenggamkan tangannya. Maksudnya, tidak mau menginfakkan hartanya di jalan Allah.

{نَسُوا اللَّهَ} Mereka telah lupa kepada Allah. Yakni lupa berzikir kepada Allah. {فَنَسِيَهُمْ} maka Allah melupakan mereka. Allah menghadapi mereka dengan perlakuan orang yang melupakan mereka. Maknanya sama dengan yang terkandung di dalam ayat lain, yaitu melalui firman-Nya:

{وَقِيلَ الْيَوْمَ نَنْسَاكُمْ كَمَا نَسِيتُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَذَا} Pada hari ini Kami melupakan kalian sebagaimana kalian telah melupakan pertemuan (dengan) hari kalian sekarang ini. (Al-Jatsiyah: 34)

{إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ} Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik. Yang dimaksud dengan fasik ialah orang yang keluar dari jalan yang benar dan masuk ke dalam jalan kesesatan.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 64; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Orang munafik, laki-laki dan perempuan, adalah sama: melakukan dan menyerukan berbuat buruk, meninggalkan dan melarang berbuat kebenaran, dan kikir dalam mengeluarkan harta di jalan kebenaran.

Masing-masing sepeti bagian-bagian dari satu benda yang saling melengkapi. Karena mereka berpaling dari Allah, Allah pun berpaling dan tidak akan memberi petunjuk kepada mereka. Mereka adalah orang-orang yang tidak patuh kepada Allah.

Surah At-Taubah Ayat 68
وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ هِيَ حَسْبُهُمْ ۚ وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ

Terjemahan: Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Tafsir Jalalain: وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ هِيَ حَسْبُهُمْ (Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahanam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka) sebagai pembalasan dan hukuman

وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ (dan Allah melaknat mereka) Dia menjauhkan mereka dari rahmat-Nya وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ (dan bagi mereka azab yang kekal) yang abadi.

Tafsir Ibnu Katsir: {وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ} Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam. Yakni sebagai balasan dari perbuatan mereka yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga:  Surah Ad-Dukhan Ayat 34-37; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

{خَالِدِينَ فِيهَا} mereka kekal di dalamnya. Artinya, tinggal di dalamnya dengan kekal bersama orang-orang kafir. {هِيَ حَسْبُهُمْ} Cukuplah neraka itu bagi mereka. Azab neraka jahannam itu sudah cukup bagi mereka.

{وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ} dan Allah melaknati mereka. Maksudnya, Allah mengusir mereka dan menjauhkan mereka dari rahmat-Nya. {وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ} dan bagi mereka azab yang kekal.

Tafsir Quraish Shihab: Allah telah menentukan neraka jahannam bagi orang-orang yang munafik dan kafir. Mereka akan disiksa di dalamnya dan tidak akan dapat lari darinya.

Cukuplah neraka itu sebagai hukuman bagi mereka. Dan bersama dengan hukuman ini, mereka ditimpakan pula kemurkaan Allah dan siksa yang abadi pada hari kiamat.

Alhamdulillah, kita telah mentadaburi bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 67-68 menurut Tafsir Jalalain, Tafsir Quraish Shihab dan Tafsir Ibnu Katsir. Semoga semakin menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S