Surah At-Taubah Ayat 88-89; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 88-89

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 88-89 ini mengabarkan kepada Nabi Saw dan kaum Mukminin yang bersedia mempertaruhkan nyawa dan hartanya demi membela dan menjaga agama Islam. tentu akan memperoleh kebahagiaan yang sebenarnya, baik di dunia maupun di akhirat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Mereka pantas memperoleh kebaikan dan kebahagiaan di dunia. Sedang Allah Swt juga akan mengganti segala bentuk kesulitan dan keluh kesah mereka di dunia ini dengan balasan yang terbaik pada Hari Kiamat kelak.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 88-89

Surah At-Taubah Ayat 88
لَٰكِنِ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ جَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ ۚ وَأُولَٰئِكَ لَهُمُ الْخَيْرَاتُ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Terjemahan: Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 13-15; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: لَٰكِنِ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ جَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ ۚ وَأُولَٰئِكَ لَهُمُ الْخَيْرَاتُ (Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan) di dunia dan di akhirat

وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (dan mereka itu pulalah orang-orang yang beruntung) orang-orang yang mendapatkan keberuntungan.

Tafsir Ibnu Katsir: Setelah Allah menyebutkan dosa orang-orang munafik dan menjelaskan pujian-Nya kepada orang-orang yang beriman serta apa yang akan mereka dapatkan di akhirat kelak, Allah berfirman:

لَٰكِنِ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ جَاهَدُوا (Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka) Yang menjelaskan keadaan mereka dan tempat kembali mereka. Dan firman-Nya: وَأُولَٰئِكَ لَهُمُ الْخَيْرَاتُ (Dan mereka itulah orang-orang yang nemperoleh kebaikan) Yaitu, di alam akhirat, di surga Firdaus dan derajat yang tinggi.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 71; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Itulah perangai orang-orang munafik. Adapun Rasulullah saw. dan orang-orang yang bersamanya beriman kepada Allah, telah berjuang dengan mengorbankan harta dan jiwa demi mendapat keridaan Allah dan demi menegakkan agama-Nya. Hanya merekalah yang akan memperoleh kebaikan dunia berupa kejayaan, kemenangan dan amal saleh. Dan hanya mereka pulalah yang memperoleh keberuntungan.

Surah At-Taubah Ayat 89
أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Terjemahan: Allah telah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

Tafsir Jalalain: (Allah telah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar).

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 81-82; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Disediakan bagi mereka kenikmatan abadi di dalam surga-surga yang dialiri bermacam-macam sungai. Itu semua merupakan keberuntungan dan keberhasilan yang amat besar.

Alhamdulillah, kita telah mentadaburi bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 88-89 menurut Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga semakin menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S