Surah At Tin; Asbabun Nuzul, Terjemahan dan Tafsir

Surah At Tin

Pecihitam.org – Surah At Tin (التِّينِ) termasuk kelompok surah Makkiyah yang terdiri dari 8 Ayat. Surah ini berada pada urutan surah ke-95 dalam Al Qur’an dan diturunkan sesudah surah Al Buruj.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Asbabun nuzul Surah At Tin adalah sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Al Aufi yang asalnya dari Ibnu Abbas bahwa suatu waktu beberapa sahabat Nabi SAW bertanya mengenai perihal bagaimana amalan seseorang saat sudah pikun.

Maka turunlah surah ini untuk memberikan penjelasan bahwa orang yang senantiasa beriman dan beramal shaleh akan mendapatkan pahala yang tidak putus-putus walau sudah pikun.

Isi, Terjemahan dan Fasir Surah At Tin

Ayat 1
وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Terjemahan: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Tafsir: keduanya adalah nama buah, atau dapat juga keduanya diartikan nama dua buah gunung yang menumbuhkan kedua buah tersebut, karena mengandung keberkahan dan manfaat yang amat besar.

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 18-22; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Ayat 2
وَطُورِ سِينِينَ

Terjemahan: dan demi bukit Sinai,

Tafsir: nama sebuah bukit tempat sewaktu Allah swt. berfirman kepada Nabi Musa. Arti lafal Siiniina ialah yang diberkahi atau yang baik karena memiliki banyak pohon yang menghasilkan buah.

Ayat 3
وَهَٰذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ

Terjemahan: dan demi kota (Mekah) ini yang aman,

Tafsir: Demi kota Mekkah yang agung, tempat orang yang mengunjunginya bersaksi akan keagungannya dan tempat yang memberikan rasa aman bagi orang yang memasukinya.

Ayat 4
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Terjemahan: sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Tafsir: Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk dan sifat yang sebaik-baiknya.

Ayat 5
ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ

Terjemahan: Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),

Baca Juga:  Surah An-Nahl Ayat 24-25; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir: Kemudian Kami menurunkan derajatnya ke tingkat yang serendah-rendahnya, karena ia tidak melakukan perbuatan yang sesuai dengan tujuan penciptaannya.

Ayat 6
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Terjemahan: kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.

Tafsir: Tetapi, orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh akan memperoleh pahala yang tak terputus-putus.

Ayat 7
فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ

Terjemahan: Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Tafsir: Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan hari kebangkitan dan hari pembalasan, setelah jelas kekuasaan Kami untuk melakukan hal itu?

Ayat 8
أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ

Terjemahan: Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

Tafsir: Bukankah Allah yang telah melakukan apa yang telah kami beritakan itu adalah Zat Yang paling bijaksana, dalam ciptaan dan aturan-Nya?

Baca Juga:  Surah An-Naziat Ayat 34-46; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Asbabun Nuzul, Terjemahan dan Tafsir Surah At Tin. Sebuah hadits menyebutkan; “Barang siapa membaca surah At Tin hingga akhir surah, maka hendaknya sesudah itu ia menjawab, ‘Balaa Wa Anaa ‘Alaa Dzaalika Minasy Syaahidiina (tentu saja kami termasuk orang-orang yang menyaksikan akan hal tersebut).'”

Wallahu a’lam

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.