Surah Az Zalzalah; Tafsir, Asbabun Nuzul, Keutamaan dan Artinya

Surah Az Zalzalah

Pecihitam.org – Surah Az Zalzalah termasuk ke dalam kelompok surah Madaniyah yang terdiri dari 8 ayat. Surah ini adalah surah ke-99 di dalam Al Qur’an. Nama Az Zalzalah sendiri diambil dari kata Zilzaal yang berarti ‘goncangan’.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun asbabun nuzul surah ini, sebagaimana yang diriayatkan oleh Ibnu Hatim yang bersumber dari Sa’id bin Jabir. Ketika itu kaum Muslimin beranggapan bahwa orang yang bersedakah sedikit tidak akan mendapatkan pahala dan beranggapan pula bahwa orang yang berbuat dosa kecil seperti: bohong, mengumpat, mencuri penglihatan dan sebagainya tidaklah tercela serta mereka menganggap ancaman api neraka dari Allah SWT hanya disediakan bagi orang-orang yang berbuat dosa besar saja. Maka turunlah ayat ini (Ayat 7-8) sebagai bantahan terhadap anggapan mereka itu.

Tafsir Surah Az Zalzalah dan Artinya

Ayat 1
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

Terjemahan: Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
Tafsir
: Ketika bumi digetarkan dengan getaran yang sangat kuat lalu bergoncang sekuat-kuatnya, yaitu mengalami gempa di saat hari kiamat tiba

Baca Juga:  Surah An Nisa Ayat 53-55; Seri Tadabbur Al Qur'an

Ayat 2
وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

Terjemahan: dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
Tafsir: Kemudian bumi pun mengeluarkan kekayaan alam dan orang-orang mati yang ada di dalamnya.

Ayat 3
وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا

Terjemahan: dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”,
Tafsir: Dan manusia berkata dengan penuh heran dan takut, “Mengapa bumi tergoncang dan mengeluarkan apa yang ada di dalamnya? Apakah hari kiamat telah tiba?”

Ayat 4
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

Terjemahan: pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
Tafsir: Ketika itu bumi menceritakan kepada manusia tentang dirinya yang telah mengagetkan manusia,

Ayat 5
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا

Terjemahan: karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
Tafsir: Ketika itu bumi menceritakan kepada manusia tentang dirinya yang telah mengagetkan manusia, “Tuhan Sang Pencipta dan Pemeliharamu telah memerintahkanku untuk bergetar dan bergoncang. Maka, aku pun segera melakukan perintah-Nya itu.”

Ayat 6
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

Terjemahan: Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,
Tafsir: Ketika itu manusia bangkit dari kuburnya dan berpencar dengan cepat untuk mengetahui perhitungan dan pembalasan mereka yang telah dijanjikan Allah.

Baca Juga:  Surah Al-Hujurat Ayat 1-3; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Ayat 7
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Terjemahan: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
Tafsir: Kemudian, barangsiapa berbuat suatu kebaikan, walaupun hanya sebesar butir debu, ia akan melihatnya dalam lembaran catatan amal perbuatan (shahîfah) dan mendapatkan balasannya.

Ayat 8
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Terjemahan: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.
Tafsir: Dan barangsiapa yang berbuat suatu kejahatan walaupun sebesar butir debu, ia akan melihatnya juga dan mendapatkan balasannya. Tuhan tidak akan berbuat zalim kepada siapa pun.

Keutamaan Surah Az Zalzalah

Surat ini banyak sekali mengandung keutamaan, diantaranya Seperti di dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan salah satu hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah saw menyampaikan bahwa Surat Az Zalzalah itu setara dengan setengah Al Quran, surah Al Ikhlas setara dengan 1/3 Al Qur’an, dan surah Al Kafirun setara dengan ¼ Al Qur’an.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 19-20; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Suatu ketika, ada salah seorang sahabat Rasulullah yang belum menikah karena tidak mempunyai mahar, lalu Rasulullah SAW bertanya kepadanya “apakah dia hafal surat Az-Zalzalah?”. Saat sahabat tersebut menjawab bahwa dia menghafalnya, maka rasulullah pun langsung menyuruh sahabat tersebut untuk menikah, dengan mahar surat Az-Zalzalah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa surah ini mempunyai keutamaan yang sangat besar, sebagaimana hadits nabi di atas. Maka dapat dipahami, kenapa Imam Hasan Al-Banna saat menyusun Wadzifah kubra dalam Al-Ma’tsurat, salah satu wiridnya adalah surah Az Zalzalah. Wallahu a’lam

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.