Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 224-225 dan Terjemahannya

Al Baqarah ayat 224-225

Pecihitam.org – Melanjutkan pembahasan Tafsir Al Qur’an kita, kali ini akan dilanjutkan seri Tafsir Surah Al Baqarah dengan ayat 224-225 dengan merujuk pada Tafsir Quraish Shihab. Ayat ini berisi tentang peringatan bagi orang yang suka bersumpah dengan nama Allah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir bahwa asbabun nuzul Surah Al Baqarah ayat 224-225 ini, ialah saat Abu Bakar r.a. bersumpah dengan menyebut nama Allah, bahwa ia tidak akan membantu lagi seseorang yang bernama Mistah yang ikut menyebarkan kabar bohong dan menjelek-jelekkan nama Aisyah r.a. istri Rasulullah SAW. Riwayat yang mencemarkan nama baik Aisyah oleh orang-orang munafik disebut “haditsul ifki”.

Tafsir dan Terjemahan Surah Al Baqarah Ayat 224-225

Surah Al Baqarah Ayat 224
وَلَا تَجْعَلُوا اللَّهَ عُرْضَةً لِأَيْمَانِكُمْ أَنْ تَبَرُّوا وَتَتَّقُوا وَتُصْلِحُوا بَيْنَ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Baca Juga:  Surah Al Baqarah Ayat 101-105; Terjemahan dan Tafsir

Terjemahan: Jangahlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertakwa dan mengadakan ishlah di antara manusia. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Tafsir: Janganlah kalian terlalu mudah menyebut nama Allah dengan sering menggunakannya dalam sumpah. Sebab, hal itu tidak sesuai dengan keagungan nama-Nya. Menjaga diri dengan tidak sering bersumpah dengan nama Allah menyebabkan kebaktian, ketakwaan dan kemampuan melakukan perbaikan di antara manusia.

Sebab orang yang tidak sering bersumpah akan menjadi terhormat dan terpercaya di hadapan orang sehingga omongannya diterima. Allah Maha Mendengar ucapan dan sumpah kalian, Maha Mengetahui segala niat kalian.

Surah Al Baqarah Ayat 225
لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَٰكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا كَسَبَتْ قُلُوبُكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Baca Juga:  Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 196-203; Tentang Ibadah Haji

Terjemahan: Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.

Tafsir: Allah memaafkan sebagian sumpah kalian. Sumpah yang diucapkan dengan tidak disertai maksud dan ketetapan hati, atau sumpah atas sesuatu yang diyakini telah terjadi padahal belum terjadi, tidak dinilai oleh Allah. Tetapi Dia menghukumi sumpah yang berdasarkan keinginan hati kalian untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu perbuatan, serta kebohongan yang diperkuat dengan sumpah.

Allah Maha Pemberi ampun kepada hamba-Nya yang bertobat dan Maha Penyantun, serta memaafkan segala sesuatu yang tidak dikehendaki hati.

Baca Juga:  Surah Al-Ankabut Ayat 26-27; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Demikian penjelasan Tafsir dan Terjemahan Surah Al Baqarah ayat 224-225. Pokok isi yang disampaikan dalam ayat ini adalah agar kita tidak menjadikan nama Allah dalam sumpah sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan dan sekiranya bila sumpah yang demikian terlanjur terucap, maka wajib dibatalkan, dan sesungguhnya Allah Maha Bijaksana lagi Maha Pengampun.

M Resky S