Apakah Mulai Terjadi? Inilah Urutan 10 Tanda Tanda Kiamat Menurut Hadis

Tanda Tanda Kiamat

Pecihitam.org Berbicara tentang kapan terjadinya Hari Kiamat, maka hal ini mutlak pengetahuan Allah. Ini merupakan rahasia yang hanya Dia yang tahu. Tetapi sebagaimana disebutkan dalam hadis dan dirinci oleh para ulama, ada setidaknya 1o tanda tanda bahwa Kiamat sudah dekat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebelum itu, perlu juga diketahui, apa sebenarnya Hari Kiamat itu dan tentang beberapa ayat atau hadis yang bertemakan tentang Kiamat.

Hari Kiamat

Secara bahasa, Hari Kiamat berasal dari dua kata dalam Bahasa Arab, yakni Yaum yang bermakna Hari dan Qiyamah yang berarti Bangkit.

Adapun secara istilah Hari Kiamat sering diartikan sebagai hari kehancuran alam semesta beserta isinya.

Dalil Tentang Kiamat

Akan kami kutipkan ayat dan hadis yang membahasa tentang tema Kiamat.

Dalam Al-Quran

Di dalam Al-Quran, tepatnya Surat Al-A’raf ayat 187 merpakan ayat bertemakan tentang Kiamat.

Pada ayat ini, Nabi diperintahkan untuk mengatakan bahwa pengetahuan tentang Kiamat hanyalah Allah yang tahu. Tetapi datangnya Kiamat merupakan hari yang akan membawa huru-hara yang luar biasa.

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS. Al-A’raf ayat 187)

Dalam Hadis

Adapun dalam hadis pembahasan tentang Kiamat atau lebih tepatnya tentang tanda tanda Kiamat adalah seperti yang diriwayatkan Imam Muslim berikut:

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

“Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (HR. Muslim)

Jenis Kiamat

Untuk lebih mudah dipahami, para ulama membagi Kiamat menjadi dua jenis, yakni Kiamat Sughra dan Kiamat Kubra.

1. Kiamat Kecil (Sughra)

Para ulama mengatakan, kematin seseorang yang terjadi tiap hari merupakan salah satu wujud nyata dari Kiamat Sughra.

Lebih lanjut… Tanda-tanda kiamat Sughra sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Fenomena ini seringkali dianggap biasa dan tidak banyak disadari oleh orang pada umumnya.

Baca Juga:  Menelan Sperma Haram atau Halal Hukumnya Dalam Aktifitas Seksual?

Namun padahal hal ini merupakan teguran yang diberikan oleh Allah agar manusia bisa kembali ke jalan yang benar dan bertaubat. Dengan adanya peringatan ini membuat orang harus terus bisa memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Kiamat Besar (Kubra)

Kiamat yang meruakan kehancuran dan akhir dari kehidupan dunia yang fana. Tanda-tanda kiamat Kubra ini bisa dibilang bukan tanda, namun peringatan terakhir. Jika tanda kiamat Kubra sudah muncul, artinya kehidupan di dunia akan segera berakhir dan seluruh alam semesta akan hancur.

Tanda Tanda Kiamat

Tanda kiamat ini tidak pernah dibayangkan oleh manusia. Setelah kiamat semua makhluk akan dikumpulkan dan menjalani perhitungan amal perbuatan di alam barzah.

Tanda Tanda Kiamat Kecil

Tanda-tanda kiamat kecil biasanya terjadi secara berulang dalam kurun waktu yang panjang sehingga sering dijadikan sebagai hal yang biasa.

Bahkan tanda ini biasanya sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Tanda-tanda tersebut sudah terjadi sejak zaman dahulu.

Namun hal tersebut terkadang tidak disadari oleh kebanyakan orang dan dianggap sebagai hal biasa. Padahal itu merupakan tanda kiamat yang harus diwaspadai.

Agar bisa memahami tentang tanda-tanda kiamat kecil dengan lebih mendalam, simaklah uraian berikut ini.

1. Tanda kiamat kecil sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad

Tanda yang terjadi pada saat itu adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai rasul dan peristiwa wafatnya Nabi.

Ini merupakan pertanda kiamat kecil karena Nasi Muhammad SAW merupakan Nabi dan Rasul yang terakhir. Sehingga ketika beliau wafat, tidak ada lagi Nabi atau Rasul setelahnya.

2. Munculnya gaya hidup yang mewah dan berlebihan

Padahal Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar umatnya hidup bersahaja dengan kerendahan hati. Rasulullah mengajarkan kesederhanaan dala kehidupan-Nya, namun sekaang umat muslim mulai hidup bermewah-mewahan dan berlebihan.

3. Terjadi Banyaknya Perang

Dengan terjadinya banyak perang dan banyaknya orang yang meninggal karena perang merupakan salah satu tanda kiamat kecil yang sering terjadi sejak dahulu hingga sekarang. Hal tersebut membuat perilaku masyarakat menjadi menyimpang.

4. Terjadinya Bencana Alam

Bencana alam yang sering terjadi meliputi banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya.

Hal ini merupakan tanda kiamat kecil yang tidak banyak disadari oleh masyarakat pada umumnya.

5. Banyak gedung tinggi dan berfokus dengan duniawi

Banyaknya orang yang semakin berlomba-lomba untuk membangun gedung yang tinggi dan berfokus pada urusan duniawi.

6. Negara Arab berubah menjadi sungai dan padang rumput

Diketahui bahwa Arab memang memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan dengan wilayah yang lainnya. Sehingga perubahan tersebut mungkin tidak disadari, padahal itu merupakan pertanda kiamat kecil.

7. Orang jahat yang semakin lebih banyak dibandingkan dengan orang baik

Hal tersebut terjadi karena pikiran manusia yang kian berubah dan pedoman agama yang semakin menipis. Dengan adanya tanda kiamat kecil seperti ini, membuat masyarakat harus memperdalam ilmu agama agar tidak mudah terpengaruh pada hal yang buruk.

8. Adanya pria yang menyerupai wanita dan sebaliknya

Banyaknya kaum laki-laki yang berpakaian dan berperilaku seperti perempuan dan juga perempuan yang berpakaian dan berpenampilan seperti laki-laki.

9. Semakin merajalela perilaku buruk manusia

Seperti semakin meningkatnya pergaulan bebas, kemaksiatan dan lain sebagainya.

Hal ini bukan hanya merusak moral manusia, namun juga membuat manusia tidak lagi memiliki keyakinan yang jelas.

10. Adanya pembunuhan antara sekelompok golongan

Namun salah satunya tidak mengakui bahwa mereka bersalah dan menggunakan kata memperjuangkan islam untuk membenarkan tindakannya. Tanda kiamat kecil yang satu ini mungkin sudah sering terjadi dan bisa merusak ketertiban dan persatuan sebuah bangsa.

11. Bulan sabit terlihat lebih besar dari biasanya

Baca Juga:  Meluruskan Ustad Yahya Badrussalam yang Mengatakan Sebutan Sayyidina Kepada Nabi Tak Ada Dalilnya

Kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa sudut pandang mereka saja yang berubah sehingga bulan sabit terlihat lebih besar, namun sebenarnya itu adalah pertanda kiamat kecil.

12. Jumlah kaum laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan perempuan

Hal ini Ini merupakan pertanda kiamat kecil yang sering terjadi karena semakin menurunnya tingkat kelahiran di dunia karena jumlah perempuan yang lebih sedikit dibanding laki-laki.

13. Semakin banyak orang yang saling memfitnah

Semakin banyak orang yang melakukan fitnah hanya untuk memenangkan kepentingannya sendiri.

Manusia menjadi tidak lagi segan untuk menjatuhkan orang lain demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

14. Waktu yang dilalui terasa semakin lebih cepat

Mungkin Anda pernah menyadari atau mendengar dari orang sekitar bahwa waktu terasa sangat cepat untuk dilalui.

Orang mungkin tidak akan berpikir bahwa itu merupakan tanda kiamat kecil. Mereka cenderung berpikir karena terlalu sibuk atau bahagia sehingga waktu terasa lebih cepat.

15. Munculnya manusia yang tidak percaya dengan adanya ilmu agama

Dengan munculnya berbagai manusia yang tidak percaya dengan adanya ilmu agama. Semakinbayak orang yang atheis dan tidak beragama.

Hal ini membuat manusia kehilangan kepercayaan dan pedoman hidup yang seharusnya.

Tanda Tanda Kiamat Besar

Adapun tanda-tanda Kiamat Besar ada 10 sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Muslim di atas. Dan berikut rinciannya:

Jika tanda-tanda kiamat besar sudah terjadi, maka bisa dipastikan alam semesta beserta isinya akan segera hancur dan musnah.

Tanda ini hanya terjadi jika memang hari kiamat sudah dekat. Kiamat ini akan terjadi jika tanda kiamat kecil sudah terjadi terlebih dahulu. Lalu apa saja tanda dari kiamat besar, berikut tanda kiamat besar menurut Rasulullah.

1. Munculnya Dajjal

Sebagai umat muslim, tentu sudah banyak yang mengetahui tentang Dajjal, sosok makhluk yang memiliki mata satu yang mata sebelah kanannya buta.

Diceritakan bahwa Dajjal datang ke semesta untuk membawa fitnah dan merenggut keimanan manusia. Sehingga nantinya manusia menjadi tidak memiliki keyakinan dan berpihak kepada Dajjal.

Sosok ini dianggap sangat berbahaya dan harus diwaspadai. Manusia yang memiliki iman kurang kuat akan dengan mudah mendengarkan perkataan Dajjal.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk manusia yang beriman. Untuk menghindarkan diri dari godaan Dajjal, sejak dini perkuat iman Anda dengan mendalami agama.

Dajjal akan mengaku sebagai Nabi bahkan Tuhan untuk membuat manusia yakin terhadapnya dan mau mengikuti apa yang dikatakannya. Ini merupakan ujian terbesar yang akan melanda umat manusia.

2. Tiga Penenggelaman Bumi

Saat hari akhir tiba, seluruh permukaan alam semesta akan tenggelam dan hancur.

Hal ini akan membuat tiga bagian bumi tenggelam secara bertahap, mulai dari bagian timur, barat hingga jazirah Arab. Setelah penenggelaman ini, tidak ada makhluk hidup yang bisa tinggal di bumi.

3. Keluarnya Asap Dukhan

Salah satu tanda kiamat besar adalah keluarnya dukhan atau asap yang bisa mengakibatkan wabah atau sebuah penyakit untuk bisa menjangkit seluruh manusia.

Penyakit ini bisa menyebabkan flu untuk orang-orang yang beriman dan bisa mematikan untuk orang-orang kafir. Asap ini muncul secara tiba-tiba dari lapisan bawah bumi.

4. Ya’juj dan Ma’juj

Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang kedua kata ini. Ketika Anda mempelajari tentang hari akhir, kedua istilah ini harus dipahami dengan baik.

Kedua kata ini akan muncul nanti pada saat hari akhir tiba. Keduakan dikisahkan memiliki sebuah kekuatan yang tersembunyi dan akan berperan sebagai penghancur dan perusak kehidupan yang ada di alam semesta.

Keduanya ini nantinya akan berperang dengan Nabi Isa dan pasukannya di bukit bernama Thursina. Jika melawan Nabi Isa, artinya mereka akan membuat manusia terjerumus dan harus diperangi. Jangan sampai Anda terbujuk rayu atau perkataannya.

Baca Juga:  Inilah 3 Metode Penentuan Awal Ramadhan dan 1 Syawal yang Harus Kamu Ketahui!

5. Matahari Muncul Dari Barat

Jika biasanya matahari akan terbit dari timur dan terbenam di sebelah barat, maka hal ini akan terjadi sebaliknya.

Jika hal tersebut terjadi, maka artinya tanda kiamat besar sedang terjadi. Tanda kiamat yang besar yang paling jelas adalah matahari muncul dari arah terbenamnya. Fenomena ini terjadi hanya jika hari akhir telah dekat.

6. Turunnya Nabi Isa

Dajjal merupakan sosok yang akan menjerumuskan manusia ke dalam hal buruk dan menjadikannya sebagai orang kafir.

Untuk mengatasi hal tersebut, Allah menolong umat manusia dengan menurunkan Nabi Isa. Seperti dalam surat Ali Imran ayat 55, dikatakan bahwa Nabi Isa tidak dibunuh oleh orang Yahudi, namun Allah menyelamatkan Nabi Isa dengan mengangkatnya ke langit.

Saat hari dimana kiamat datang dan Dajjal turun ke semesta, maka Nasi Isa juga akan diturunkan untuk membunuh Dajjal.

Hal ini dilakukan untuk menolong umat manusia saat akhir zaman. Dengan adanya pertolongan ini, manusia bisa menghadapi masa perhitungan amal dengan lebih baik.

7. Munculnya Api yang Bisa Mengumpulkan Manusia

Kiamat belum terjadi jika api belum keluar dari tanah Hijaz. Ketika api ini muncul, maka seluruh manusia akan berkumpul menuju Syam.

Ketika fenomena ini terjadi, artinya hari akhir akan segera terjadi dan seluruh kehidupan di alam semesta akan musnah.

8. Bintang Besar

Dalam ayat yang terdapat di dalam Al-Quran, dikatakan akan terdapat bintang besar yang tampak di bumi. Fenomena ini terjadi sebagai bukti kekuasaan Allah. Penjelasannya seperti kutipan ayat di bawah ini.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Naml ayat 82 :

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami.” (Qs. An Naml ayat 82).

Selain yang dijelaskan diatas, ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa tanda-tanda kiamat besar bukan hanya itu saja.

Masih terdapat beberapa tanda lainnya yang perlu diketahui oleh manusia. Hal tersebut perlu dipahami dengan baik agar Anda bisa memiliki keyakinan yang lebih kuat. Berikut informasi detailnya.

9. Munculnya Bintang yang Berbicara dengan Manusia

Bintang ini tentu sebelumnya diyakini sebagai benda langit yang terdiri dari kumpulan batu atau debu.

Namun sebagai pertanda dari kiamat besar, bintang ini bisa berkomunikasi dengan manusia. Bahasa yang digunakan oleh bintang ini sama dengan bahasa yang biasanya digunakan oleh manusia. Sehingga manusia bisa memahami perkataannya dengan baik.

Bintang ini akan menyampaikan pesan berupa kisah dimana manusia zaman dahulu tidak meyakini ayat-ayat Allah dan bintang ini turun untuk membuktikan tentang kuasa Allah.

Bintang ini akan membuat muka orang mukmin terang dan memancarkan cahaya sehingga bisa dibedakan secara jelas dengan orang kafir.

10. Munculnya Kabut Tebal

Kabut ini muncul tepat sebelum hari kiamat datang. Kabut tersebut akan merenggut nafas orang kafir hingga rasanya akan tercekik. Kabut tersebut akan muncul pada 40 hari sebelum hari kiamat dan akan berlangsung setiap hari.

Demikianlah tulisan kali ini yang mengulas tentang Kiamat beserta tanda-tandanya baik Kiamat Kecil maupun Kiamat Besar. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman