Teks Lengkap Ijab Kabul Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab

Teks Lengkap Ijab Kabul Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab

PeciHitam.org – Ijab Kabul merupakan prosesi yang harus dilakukan sebagai sebuah syarat sah nya sebuah pernikahan. Namun terkadang banyak orang yang takut terjadi kesalahan dalam membaca ijab kabul karena tertekan dan takut, untuk itu disini saya akan mengulas sedikit tentang tulisan lengkap naskah ijab kabul baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa arab.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun dalam prosesi akad nikah  yang terpenting adalah ijab kabul (qobul). Di mana wali calon mempelai perempuan menikahkan putrinya dengan calon pengantin laki-laki (ijab) dan calon pengantin laki-laki menjawabnya (kabul/qobul) sebagai tanda menerima pernikahan tersebut . Wali juga dapat mewakilkannya pada wakil wali yang ditunjuk untuk menikahkan putrinya. Biasanya, yang bertindak sebagai wakil wali ialah petugas KUA atau tokoh agama setempat.

Jika kita amati mengenai Ijab Kabul secara prosesi, tak ubahnya seperti dialog, baik berbahasa Arab maupun Berbahasa Indonesia.

Dengan dijadikannya sebuah Rukun Nikah Ijab Qobul  adalah hal yang Wajib, Pengertian Ijab adalah  Sebuah tutur kata yang di kemukakan (dikatakan) oleh seorang Wali dari mempelai Wanita kepada mempelai Laki-laki dengan melafalkan kalimat sebagai berikut ” zawwajtuka ibnatii” Saya Nikahkan/Kawinkan Kamu dengan Putri perempuanku… Dan Qobul artinya Pengantin Laki-laki menjawab pertanyaan dari Wali Mempelai Perempuan dengan mengucapkan Kalimat : saya terima. Dalam Ijab Qobul tersebut harus disaksikan Oleh beberapa Orang (menurut Fiqih, red) yang akan mengesahkannya sebab saksi merupakan salah satu rukun nikah. Para saksi akan mengatakan kalimat “sah dan tidak sah”. Maka dari itulah pentingya mempelajari kalimat yangtertera pada Ijab Qobul. Langsung saja Teks Ijab Qobul Perkawinan lihat dibawah ini :

Baca Juga:  Jodoh Menurut Islam Dalam Pandangan al-Quran dan Hadits

Kalimat Ijab dan Kabul Bahasa Indonesia

Teks Bacaan Akad Nikah Oleh Wakil Wali :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ – اَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمِ –  اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ- وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(Istighfar dibaca 3 kali) SAUDARA/ANANDA ( Nama Pengantin Pria ) BIN ( Nama Ayah Pengantin Pria ) SAYA NIKAHKAN DAN SAYA KAWINKAN ENGKAU DENGAN ANAK SAYA YANG BERNAMA ( Nama Pengantin Wanita )
DENGAN MASKAWINNYA BERUPA ( Kalimat untuk maskawin yang diberikan oleh pengantin pria ), TUNAI.

Teks Kabul Jawaban Pengantin Putra Kepada Wali:

SAYA TERIMA NIKAHNYA DAN KAWINNYA ( Nama Pengantin Wanita ) BINTI ( Nama Ayah Pengantin Wanita ) DENGAN MASKAWINNYA YANG TERSEBUT TUNAI.
Kalimat Ijab dan Kabul Bahasa Arab

Baca Juga:  Bahaya Sifat Kikir, Pernah Menghancurkan Umat Terdahulu

Teks Bacaan Akad Nikah Oleh Wakil Wali

Menjadi wakil dari wali teksnya sama saja. Perbedaannya adalah tambahan kata “muwakkili” (yang mewakilkan padaku)

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام علي اشرف الانبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلي اله وصحبه اجمعين. اما بعد.

اوصيكم عباد الله واياكم بتقوي الله. ازوجك علي ما امر الله به من امسا ك او تسريح باحسان.

واحل الله لكم النكاح وحرم عليكم السفاح

يا … انكحتك وزوجتك فاطمة بنت سالم موكلي بمهر – الف روبية حالا / مؤجلا

Teks latin: Ankahtuka wa zawwajtuka binti [sebutkan namanya] muwakkili bimahri [sebutkan jumlah maskawin] hallan.

Artinya: Aku menikahkanmu dengan perempuan bernama [sebutkan nama] yang walinya mewakilkan padaku dengan maskawin [sebutkan jumlah maskawin].

Teks Kabul Jawaban Pengantin Putra Kepada Wali:

Baca Juga:  Muslim Harus Tahu! Inilah 5 Adab Bertamu dalam Islam

Ketika wali nikah atau wakilnya selesai mengucapkan ijab, maka pengantin laki-laki langsung merespons dengan ucapan sebagai berikut:

قبلت نكاحها وتزويجها بالمهر المذكور

Teks Latin: Qobiltu nikahaha wa tazwijaha bilmahril madzkur

Artinya: Saya terima nikahnya dengan mahar/maskawin tersebut

Demikianlah teks atau bacaan dalam sebuah ijab kabul. Bagi yang akan menikah, diwajibkan untuk menghafalnya demi mengurangi kemungkinan kesulitan melafalkan disaat prosesi akad nikah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *