Usai Dikritik Gus Mus, Santri Rembang Langsung Bergerak Pasang Bendera di Alun-alun

Pecihitam.org – Sebuah video yang memperlihatkan KH Ahmad Mustofa yang akrab disapa Gus Mus mengkritik tidak adanya bendera merah putih di Alun-alun Kota Rembang, viral di media sosial.

Merespons kritikan Gus Mus yang viral tersebut, Komunitas Obrolan Santri Rembang langsung mendatangi Alun-alun Rembang dan memasang bendera merah putih.

Koordinator Obrolan Santri, Ahmad Bisri Dzalieq mengatakan, pihaknya bersama sejumlah santri langsung mendatangi Alun-alun Kota Rembang.

Mereka langsung memasang puluhan bendera di berbagai sisi Alun-alun kota Rembang.

“Kami atas inisiatif rekan dan sahabat santri, merespons adanya video dari Mbah Mus (Gus Mus). Tak berselang lama dari video itu diunggah oleh beliau (Gus Mus), kami langsung ke lokasi. Langsung pasang saja,” kata Ahmad, Senin, 17 Agustus 2020 seperti dikutip dari detikcom.

Baca Juga:  Ini Pesan Penting Gus Mus untuk Umat Islam di Momen Idul Adha

Ia mengungkapkan, ada sebanyak 30 lebih bendera yang dipasang di Alun-alun Kota Rembang.

Bendera tersebut, kata Ahmad, dibeli di salah satu toko berkat iuran dari para santri secara spontanitas.

“Kami memang tadi pasangnya juga di tiang lampu, karena memang tidak ada tiang di sana. Kami akui itu kurang tepat, tapi ini bentuk kepedulian kami. Apa susahnya hanya mengibarkan bendera sedangkan para pendahulu memperjuangkan kemerdekaan. Terlebih ini sudah disoroti Mbah Mus,” ujar Ahmad.

Sebelumnya, Gus Mus mengkritik terkait tidak adanya Bendera Merah Putih terpasang di Alun-alun Kota Rembang pada peringatan HUT RI ke-75.

Kritikan tersebut dilontarkan Gus Mus lewat sebuah video yang kini tengah viral di media sosial, Senin, 17 Agustus 2020.

Menurut Gus Mus, tidak adanya bendera Merah Putih di Alun-alun Rembang pada peringatan HUT RI ke-75 adalah sesuatu yang aneh.

Baca Juga:  Dibatasi Hanya 10 Ribu Jemaah, Begini Pembagian Haji 2020

“Hari ini, tanggal 17 agustus 2020, hari (ulang tahun) kemerdekaan Republik Indonesia, ada yang aneh menurut saya. Di Alun-alun kota Rembang, tidak ada satu pun bendera merah putih dikibarkan, tak ada satu pun bendera merah putih dikibarkan,” kata Gus Mus dalam video itu.

Dalam video tersebut, nampak Gus Mus tengah berjalan di Alun-alun Rembang. Ia pun sesekali memperhatikan situasi di sekitar alun-alun itu.

Menantu Gus Mus, Rizal Wijaya membenarkan bahwa dalam video viral itu adalah Gus Mus.

“Ya betul, ya (itu Gus Mus),” kata Rizal, Senin, 17 Agustus 2020 seperti dikutip dari Detik.com.

Namun, Gus Rizal tidak mengetahui persis siapa pengunggah video itu hingga viral di media sosial.

Baca Juga:  Cek Fakta: Benarkah Sekum Muhammadiyah Tulis 'Mana Teriakan Saya Pancasilamu?'

“Saya juga tidak tahu, tiba-tiba diviralkan sama orang-orang. Iya (Gus Mus merekam sendiri),” ujar Gus Rizal.

Menurutnya, Gus Mus memang sering jalan-jalan di Alun-alun Rembang.

“Memang kan beliau (Gus Mus) sering jalan pagi di alun-alun. Kayaknya kok terus lihat gak ada bendera merah putih gitu kan,” ujarnya.

Muhammad Fahri