190 Orang Positif Corona Usai Hadiri Ijtima Tabligh Akbar

Pecihitam.org – Sebanyak 190 orang dinyatakan positif virus corona atau COVID-19 usai menghadiri Ijtima Tabligh Akbar di Masjid Jamek Sri Petaliang, Kuala Lumpur, Malaysia.

“Berdasarkan investigasi awal, sebagian besar kasus baru ini terkait dengan kegiatan pertemuan ‘ijtimak tabligh’ di Masjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur,” kata Menteri Kesehatan Datuk Seri Dr Adham Baba, seperti dilansir dari The Straitstimes, Rabu, 18 Maret 2020.

Semua peserta acara Ijtima tersebut, kata Adham Baba, akan menjalani proses karantina selama 14 hari.

Diketahui, Ijtima Tabligh Akbar di Masjid Jamek Sri Petaliang dihadiri sekitar 16.000 jemaah dari berbagai negara di antaranya, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Indonesia.

Baca Juga:  Gandeng Sutradara Livi Zheng, PBNU Garap Film 'The Santri'

Kegiatan tersebut digelar pada 27 Februari hingga 1 Maret 2020, lalu.

Berdasarkan laporan Channel News Asia, pihak otoritas kesehatan Malaysia terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap para peserta yang menghadiri acara itu.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Malaysia juga mendesak para peserta Ijtima Tabligh Akbar di Masjid Jamek Sri Petaling untuk menghubungi pihak berwenang agar dilakukan pemeriksaan tes corona.

Senada dengan itu, pemuka agama Malaysia, Ustadz Mansur Ismail, juga mengimbau seluruh peserta Ijtima Tabligh Akbar tersebut untuk segera menghubungi kantor kesehatan Malaysia guna menjalani tes Covid-19.

“Semua yang menghadiri ‘or Qudama dan Ulama beberapa hari yang lalu diharuskan untuk segera menghubungi kantor kesehatan di tempat Anda masing-masing untuk mendapatkan panduan dan perawatan medis,” ujar Ustadz Mansur, dikutip dari laman Malaymail.

Baca Juga:  Gus Yaqut Minta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Waspadai Radikalisme di Kampus Negeri

Hal itu disampaikan Ustadz Mansur Ismail lewat sebuah video yang diunggah di kanal YouTube.

Muhammad Fahri