Keren! Dosen FEB UMI Ajari Petani di Gowa Olah Sayur Bayam Jadi Es Krim

PECIHITAM.ORG – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa pada Selasa 8 Agustus 2023 lalu.

Ketua PKM, Prof Dr Hj Syamsu Nujum, SE M Si bersama anggotanya Dr Serlin Serang, SE M Si mengatakan kegiatan pengabdian ini membahas pengolahan sayur bayam merah menjadi es krim bagi masyarakat mitra untuk menambah pendapatan tambahan.

“Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan para petani dapat memanfaatkan sayur bayam menjadi produk lain (es krim) yang apabila dijual dapat menambah pendapatan masyarakat mitra,” katanya dalam keterangannya, Kamis, 30 November 2023.

Selain itu, katanya kagi, untuk menarik minat anak-anak dalam mengonsumsi sayuran, bisa dengan mencampurkan ke olahan es krim. Salah satunya menggunakan bayam merah untuk menarik perhatian warna es krim.

Baca Juga:  Meski Kaya Minyak, Arab Saudi Terpaksa Berhutang Gegara Hantaman Covid-19

Menurut Prof Nujum, pengolahan sayur bayam merah ini dapat dilakukan melalui penerapan  teknologi (iPTEKS)  bagi masyarakat setempat, maka akan memberi nilai konsumsi dan menambah nilai pendapatan.

“Jika permintaan terhadap es krim sayur bayam merah yang memiliki nilai konsumsi dan nilai pendapatan lebih tinggi, maka budidaya dan pengembangan sayur bayam merah akan lebih tinggi,” tandasnya.

Prof Nujum berharap, dengan adanya kegiatan PKM ini maka diharapkan kelompok mitra dapat mengetahui bahwa sayur bayam dapat dijadikan produk lain yaitu es krim selain sayur bening seperti selama ini dibuat.

“Es krim bayam erah dapat dibuat dengan mudah dan dijadikan sebagai cemilan atau dikonsumsi pada saat gerah atau udara panas. Es krim ubi ungu selain bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya dapat juga jadikan usaha home industri untuk menambah pendapatan rumah tangga kelompok mitra,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sikapi ASN Pendukung Khilafah, Menag: Kalau Nggak Bisa Berubah Keluar dari Negara Ini!