Ini Doa dan Amalan Ketika Demam

Ini Doa dan Amalan Ketika Demam

PeciHitam.org – Selain agar berobat adapun amalan ketika demam dan gejala-gejalanya, khususnya ketika demam yang Imam An-Nawawi di dalam kitab al-Adzkar meriwayatkan hadis dari kitab imam Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas ra.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Bahwa Rasulullah SAW mengajari sahabat semua jenis penyakit yang diantaranya ialah sakit demam, Beliau berdoa:

بِسْمِ اللهِ الكَبِيرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Latin: “Bismillail Kabir Na’udzu billahil adzim min syarri irqin na’arin wa min syarri harrin nar.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Besar, kami berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang bercucuran dan dari kejahatan panasanya api neraka.”

Imam An-Nawawi menambahkan untuk membaca al-fatihah, al-ikhlas, dan dan surah “muawwidzatain” (an-nas dan al-falaq), dilanjutkan dengan membaca doa di atas kemudian ditiupkan kepada kedua tangannya selanjutnya diusapkan ke badan.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk mendinginkan dengan air ketika sedang demam karena demam ialah bagian dari percikan api neraka jahannam.

Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda:

الحُمَّى مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ فَأَطْفِئَوْهَا بِالْمَاءِ

Baca Juga:  Doa Untuk Pengantin Baru, Catat Buat Yang Mau Nikah!

Artinya: “Panas adalah bagian dari percikan api Jahannam maka padamkanlah dengan air.” (HR. Al Bukhari)

Rasulullah SAW ketika terserang demam, Beliau meminta air dan menuangkannya di atas kepalanya.

Terkait demam yang diceritakan oleh Abu Hurairah yaitu telah terjadi perbincangan tentang demam dihadapan Rasulullah SAW kemudian ada orang yang mencelanya, kemudian Rasulullah SAW berkata yang artinya:

“Janganlah Anda mencela demam, sebab demam mampu membersihkan dosa seperti api membersihkan kotoran besi.”

Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah mengungkapkan bahwa untuk menyembuhkan penyakit demam dapat dilakukan dengan di kompres dengan air dan minum air yang banyak untuk membantu organ tubuh melakukan tugasnya.

Selain demam Rasulullah SAW juga mengajarkan doa untuk anggota badan yang sakit yang juga bisa untuk gejala flu dan doa tersebut diajarkan kepada Utsman bin Abil Ash ketika mengadu sakit yang terdapat di tubuhnya kepada Rasulullah SAW:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الّذِيْ يَأْلَمُ مِنْ جِسْمِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ثَلاَثاً وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوْذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Baca Juga:  Sedang Mengandung? Ini Amalan Ketika Hamil yang Bagus Untuk Dibaca

Artinya: “Letakkanlah tanganu di atas anggota yang sakit dari tubuhmu, dan ucapkanlah bismillah tiga kali, dan ucapkanlah tujuh kali: A’udzu bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadzir (aku berlindung dengan keagungan dan kekuasaan Allah dari keburukan apa yang aku temui dan aku khawatirkan).”

Selain demam dan gejala sakit flu yang disebutkan yaitu bersin-bersin, yang mana RAsulullah SAW juga mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan hamdalah “alhamdulillah” ketika bersin.

Dari Abu Hurairah ra, dari Rasulullah SAW beliau bersabda yang artinya:

“Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah “alhamdulillah” dan hendaknya saudaranya atau temannya mengatakan kepadanya “yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu) dan jika temannya mengatakan yarhamukallah maka hendaknya (orang yang bersin) mengucapkan “yahdikumullah wa yushlihu balakum (semoga Allah memberikan hidayah kepadamu dan memperbaiki urusanmu).”

Adapun dalam ritual ibadah umat Islam telah diajarkan cara menghindari pilek yaitu dengan memasukkan air ke dalam hidung setiap kali berwudlu, sehingga jika melakukannya setiap berwudlu maka kotoran di dalam hidung akan hilang dan akan terhindar dari sakit pilek yang menjadi gejala dari sakit flu dan demam.

Baca Juga:  Macam Macam Shalawat Nabi yang Sebaiknya Kamu Amalkan Setiap Saat

Demikianlah penjelasan terkait amalan ketika demam dan gejalanya dimana penyakit ini dapat terkena kepada siapa saja dan hendaknya ada baiknya mencegah penyakit tersebut dengan selalu menjaga diri, dan Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan umat Islam untuk mengontrol makan dan minum agar terhindar dari segala jenis penyakit.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Perabot paling buruk yang diisi oleh manusia ialah perutnya sendiri, maka cukuplah bagi anak adam beberapa gigitan saja agar tetap kuat, jika dia harus makan maka biarkan perut itu terisi sepertiga oleh makanan, sepertiga oleh minuman, dan sepertiganya lagi untuk udara (bernafas).” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al Hakim)

Demam adalah bagian dari ujian Allah SWT dan hendaknya berusaha mengobati atau berobat serta berdoa kepada Allah SWT karena segala sesuatu atas kehendak-Nya dan pasti ada hikmah di baliknya.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *