Bantu TNI/Polri dan Damkar Padamkan Karhutla, Banser Siak Terjunkan Ratusan Personel

Pecihitam.org – Ratusan personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satkoryon Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kehadiran 150 personel Banser Siak ini dipimpin langsung Ketua PCNU Kabupaten Siak, KH M Thoyib Firdaus.

Selanjutnya mereka bergabung dengan pasukan TNI, Polri dan Manggala Agni yang sudah satu bulan lebih berjibaku memadamkan api yang membakar ratusan hektar lahan milik masyarakat.

“Kita melihat bencana asap tak kunjung berkurang. Ini sudah satu bulan lebih begini. Kebetulan di Siak tidak ditemukan titik api, makanya Ansor dan Banser kita terjunkan kesini (Pelalawan),” kata Kiai Thoyib, dikutip dari situs resmi NU, Minggu, 22 September 2019.

Baca Juga:  Rais PCNU Jakbar Ingatkan Warga NU Ihwal Pendidikan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah

“Kita miris TNI, Polri dan pemadam kebakaran berjuang sendiri. Padahal ini juga tanggung jawab kita bersama,” sambungnya.

Menurut Kiai Thoyib, kondisi kanal-kanal yang mengering menjadi tantangan tersendiri dalam memadamkan api di lahan gambut.

“Sebab, memadamkan satu titik saja membutuhkan pasokan air yang banyak, mengingat tipikal gambut, padam di atas, tapi membara di bawah,” ujarnya.

“Memang sulit, apalagi kondisi airnya semacam ini (sangat minim). Makanya kami jadi paham kenapa satu titik saja butuh waktu berbulan-bulan untuk memadamkanya,” lanjutnya.

Sementara itu, Satkorcab Banser Kabupaten Siak Toni Yufida menegaskan, anggotanya akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang masih rawan terbakar. Mekanismenya  menggunakan pola sift.

“Ya tetap sampai padam. Pokoknya kami pantang pulang sebelum padam,” tegas Toni.

Baca Juga:  Diprediksi Tahun 2020 Gerakan Radikalisme Terus Berkembang
Muhammad Fahri

Leave a Reply

Your email address will not be published.