Bergerak Cepat Bantu Warga Korban Banjir, NU Kerahkan Mobil Dahar

NU

Pecihitam.org – Menyikapi bencana banjir yang saat ini tengah melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta, Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) bergerak cepat membantu warga korban banjir.

PBNU lewat NU Peduli mengerahkan tim untuk mendirikan dapur umum di Kampung Melayu, Jatingera, Jakarta Timur, Kamis, 2 Januari 2020.

Bantuan makanan dari Tim NU Peduli disalurkan kepada sekitar 150 kepala keluarga korban banjir di wilayah itu. Distribusi bantuan disalurkan melalui Mobil Dahar (Dapur Halal Berjalan).

 “Insya Allah mobil akan stand by di sini sampai banjir surut. Semoga kita semua diberkahi dan warga dapat kembali berkativitas. Ini bagian dari khidmat kita,” kata Ketua LPBINU DKI Jakarta M Wahib Emha di Jakarta, dikutip dari situs resmi NU, Kamis, 2 Januari 2020.

Baca Juga:  Banjir Landa Jabodetabek, Tim NU Peduli Dikerahkan Bantu Evakuasi Warga

Wahib mengatakan, bantuan dari Tim NU Peduli disalurkan setelah hujan selama dua hari terakhir mengguyur Jakarta dengan intensitas tinggi.

Sebelumnya, Tim NU Peduli juga telah melakukan evakuasi terhadap warga. Tim ini terdiri atas Pengurus Pusat LAZISNU melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI) PBNU dan LPBI PWNU DKI Jakarta.

Selain LPBI dan LAZIZNU, tim tersebut juga diperkuat oleh relawan dari Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Barisan Serbaguna (Banser) NU di Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, Tim NU Peduli Banjjir 2020 Jakarta telah melakukan evakuasi bagi warga terdampak banjir dan memenuhi kebutuhan dasar warga lewat dapur umum.

Tak hanya itu, tim juga telah mendirikan pos pengungsi. Gerakan NU Peduli menempatkan posko tersebut di Kantor PWNU DKI Jakarta, Jalan Utan Kayu, Nomor 112, Matraman, Jakarta Timur.

Baca Juga:  Viral, Ada Dokumen Pelengseran, Buku Menjerat Gus Dur Ludes Begitu Diluncurkan

Pos NU Peduli ini berdiri di enam titik lokasi diantaranya, di Jalan Slamet Riyadi 4 RT 08/04 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur; Masjid Al-Muawanah Jalan Dharmawanita V RT 06/01, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat; Jalan Swadaya IV, Kp Pulo Jahe, RT 04/10, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur; Jalan Komodor Halim RT 05/07 Nomor 28, Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur; dan Jalan Permata 2 RT 01/06 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur .