Cegah Corona, Kemenag Siapkan Opsi Manasik Haji Secara Online

Pecihitam.org – Kementerian Agama (Kemenag) RI menyiapkan beberapa opsi dalam pemberian materi manasik haji kepada para calon jemaah haji 2020 sesuai standar pembatasan fisik dalam masa wabah ini.

Hal itu dilakukan Kemenag di tengah imbauan pembatasan fisik atau physical distancing oleh pemerintah.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Nizar mengatakan, pemberian materi manasik haji mengedepankan penerapan protokol pencegahan Covid-19.

Menurutnya, ada beberapa yang bisa dilakukan jemaah haji dan pembimbing ibadah haji yang berasal dari Kemenag, antara lain adalah pemberian materi manasik melalui online.

Maka dari itu, pihaknya meminta para pembimbing yang berasal dari Kantor Kemenag dan Kantor Urusan Agama harus diupgrade kemampuannya menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

Baca Juga:  Jelang Muktamar, Warga NU Siap Sumbang Seribu Ekor Ayam dan 10 Ton Beras

“Karena tidak boleh ada kerumunan apalagi ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, alternatifnya adalah melalui online, teman-teman KUA ini harus diupgrade kemampuannya untuk melakukan bimsik (bimbingan manasik) secara online,” kata Nizar, dikutip dari Liputan6, Jumat, 10 April 2020.

Selain itu, kata Nizar, Kemenag saat ini tengah menyiapkan materi bimbingan manasik berbasis audio visual. Materi ini nantinya akan bisa diunduh di laman haji.kemenag.go.id ataupun kemenag.go.id.

Nizar pun meminta kepada Kasi PHU serta KUA terus mensosialisasikan kebijakan-kebijakan Kemenag dalam memberikan materi manasik terkini kepada masyarakat khususnya jemaah haji.

“Kita nanti akan siapkan bentuk manasik audio visual, dan videonya bisa didownload di web kemudian nanti videonya bisa dlihat di rumah,” ujarnya.

Baca Juga:  Lewat Gerakan Penanaman Pohon, GP Ansor Jaga Kedaulatan dan Kelestarian Lingkungan

Selain itu, pembelajaran juga bisa dilakukan melalui buku, yakni melalui pengiriman buku manasik. Serta pemberian materi manasik melalui media massa.

Muhammad Fahri