Khasiat Buah Kurma Menurut Nabi Muhammad

Khasiat Buah Kurma Menurut Nabi Muhammad

PeciHitam.orgKurma dalam Islam merupakan buah yang sangat populer, buah ini selalu hadir dalam konteks perayaan hari-hari besar Islam hingga ritual yang dilakukan umat Islam baik di Indonesia maupun di Mancanegara.

Kurma diakui sebagai buah berkhasiat, sebagaimana firman Allah dalam Kalam-Nya:

فَأَنشَأْنَا لَكُم بِهِۦ جَنَّٰتٍ مِّن نَّخِيلٍ وَأَعْنَٰبٍ لَّكُمْ فِيهَا فَوَٰكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan

Dibalik kandungan gizi yang terdapat di dalam buah kurma, banyak pakar kesehatan menilai bahwa hampir seluruh bagian pohon kurma bermanfaat, mulai dari buah, batang, kulit, daun, pelepah, getah, dan lainnya.

Meskipun demikian, buahnya memang salah satu yang paling utama manfaatnya di antara bagian lainnya. Berikut beberapa khasiat dari kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma

Khasiat Buah Kurma Menurut Petunjuk Rasulullah

Kurma memiliki manfaat yang sangat banyak, maka tidak heran jika kemudian Nabi suka mengkonsumsi kurma untuk kesehatan tubuh. Beberapa hadits tentang kurma yang bisa dibuktikan secara medis, diantaranya adalah sebagai berikut.

Buah Kurma Untuk Berbuka Puasa

Dalam kitab Riyadh ash-Shalihin, diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi, Nabi SAW bersabda:

Dari Salman bin ‘Amr adh-Dhahabi ash-Shahabi RA dari Nabi SAW bersabda: “Jika seorang diantara kalan berbuka, maka hendaklah berbuka dengan kurma, tetapi apabila tidak menemukan kurma, maka hendaklah berbuka dengan air, sebab sesungguhnya air itu suci.” (Hadits ini dikatakan hasan shahih oleh Imam Tirmidzi).

Orang yang sedang berpuasa tentu perut akan kosong tanpa asupan hingga tiba iftharnya. Dalam kondisi ini, orang yang berpuasa membutuhkan sumber gula yang cepat untuk menghilangkan rasa lapar, disamping membutuhkan air

Ibnul Qayyim mengomentari cara berbuka puasa Rasulullah SAW, sebagai berikut:

“Dalam cara berbuka puasa Nabi SAW dengan mengkonsumsi kurma atau air terdapat program yang sangat baik. Ketika puasa maka akan mengosongkan lambung dari makanan sehingga liver tidak mendapat asupan yang dapat ia tarik dan selanjutnya ia kirim menjadi tenaga untuk anggota tubuh. Zat manis adalah sesuat yang paling cepat sampai ke liver, terutama jika ia adalah kurma. Maka liver akan sangat menerimanya dan mengambil manfaat darinya dengan baik. Jika tidak ada kurma, maka dengan air yang dapat mengurangi panasnya lambung dan tubuh sehingga lambung siap menerima makanan yang akan diprosesnya seperti biasa.”

Menurut ilmu kedokteran, diketahui bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan tubuh setelah berpuasa.

Berkurangnya glukosa pada tubuh dapat mengkibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang. Sedangkan berkurangnya air membuat tubuh lemah dan menurunnya daya tahan.

Jika pada saat berbuka puasa perut langsung diisi dengan zat-zat protein atau lemak, diperlukan waktu tiga jam atau lebih agar pencernaanya dapat menyerap zat gula tersebut. Akibatnya, badan masih terasa lemas.

Namun, jika kita berbuka puasa dengan menggunakan kurma, kandungan gula yang terdapat di dalamnya dengan cepat dapat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Buah Kurma Untuk Mentahnik Bayi Baru Lahir

Pada zaman Nabi, para Sahabat biasanya membawa bayi baru lahir kehadapan Nabi untuk didoakan dan ditahnik

Diriwayatkan dari Abu Musa RA, berkata: “Anakku lahir dan aku membawanya ke hadapan Nabi Saw. Lalu beliau menamainya Ibrahim, melakukan tahnik untuknya dengan sebutir kurma dan berdoa kepada Allah agar memberkahinya, lalu mengembalikannya kepadaku

Buah kurma adalah makanan yang bermanfaat, bergizi, manis, dan lezat. Dibalik perbuatan tahnik dengan kurma terdapat hikmah bagi perkembangan si bayi, yakni yang paling pertama masuk ke perut bayi adalah sesuatu yang manis untuk menguatkan otot mulut dan rahang agar bayi siap menyusu dengan kuat, dan ketika itu berdoa mengharap keberkahan.

Dalam mentahnik dengan yang manis telah terungkap secara medis, berdasarkan penelitian dari dr. Muhammad Ali al-Baar, seorang dokter spesialis. Ia memaparkan bahwa sesungguhnya kandungan zat gula “glukosa” dalam darah bayi yang baru lahir sangat kecil, dan jika bayi yang lahir beratnya lebih kecil maka semakin kecil pula kandungan zat gula dalam darahnya.

Jika kadar gula dalam darah kecil beresiko bayi akan menolak untuk menyusui, kulit bayi menjadi kebiruan, dan otot-otot melemas.

Oleh karena itu dianjurkan mentahnik dengan buah kurma yang memiliki zat gula banyak. Jika tidak terdapat buah kurma bisa diganti dengan sesuatu yang manis.

Produk Kurma Terbaik di Indonesia

Kurma saat ini memang menjadi Primadona bagi kaum muslimin dengan banyak khasiat yang terkandung di dalamnya. Salah satu produk kurma yang saat ini sedang laris di pasaran adalah Naeem.

Naeem merupakan sebuah brand yang memiliki beberapa macam produk seperti kurma ajwa dan saffron. Naeem sendiri memiliki sebuah arti “keberkahan” dengan harapan dengan membeli produk Naeem, dapat membawa keberkahan bagi semua, baik pelanggan ataupun Naeem sendiri.

Kurma Ajwa Naeem, kurma ajwa berkualitas premium dan asli dari Madinah ini memiliki rasa manis yang tidak berlebihan, tekstur yang lembut dan legit.

Kurma Ajwa Naeem ini sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu dapat Melancarkan Pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, menambahkan energi, mencukupi kebutuhan cairan dan kesehatan otak, mencegah osteoporosis dan berbagai manfaat lainnya.

Selain Kurma Ajwa Naeem, juga terdapat Saffron Naeem. Saffron asli dari Afganistan dengan jenis Saffron Super Negin ini memiliki berbagai manfaat pula.

Dapat menangkal radikal bebas, menurunkan nafsu makan dan mengurangi berat badan, membantu pengobatan depresi, membantu pengobatan kanker, meningkatkan kesehatan jantung, membantu pengobatan penyakit diabetes dan masih banyak lagi.

Nama Toko: PT. Demuria Agung
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, RT.002/RW.013, Tanah Tinggi, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15119
Website: https://demuria.co.id/

Klik di sini untuk info lebih detail

Mohammad Mufid Muwaffaq
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG