Lewat Gerakan Penanaman Pohon, GP Ansor Jaga Kedaulatan dan Kelestarian Lingkungan

Pecihitam.org – Komitmen PW GP Ansor dalam menjaga kedaulatan dan kelestarian ditunjukkan dalam pencanangan Gerakan Menanam Pohon untuk negeri pada saat Kemah Bhakti di Kalabbirang Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

“Kerusakan lingkungan yang merupakan dampak dari aktifitas yang tidak bertanggung jawab sudah seringkali terjadi, banjir bandang di beberapa tempat dan bencana akibat abrasi sungai dan pantai sudah menjadi pertanda bahwa Banser akan dikerahkan bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat untuk menanam pohon,” ujar Ketua PW GP Ansor Sulsel Rusdi Idrus, Minggu, 29 Desember 2019.

Melalui tahapan dan skema yang telah dirancang oleh Pimpinan Wilayah GP Ansor Sulsel, lanjut Rusdi, gerakan ini menunjukkan bahwa Banser dan masyarakat sudah bertekad bulat untuk berada di garda terdepan menjaga kedaulatan dan kelestarian lingkungan.

Baca Juga:  Menag: Dana Haji 2020 Bisa Diambil Calon Jemaah Jika Batal Berangkat

“Seluruh pengurus cabang akan bergerak berdasarkan peta dan skema penanaman pohon secara massif, gerakan ini diharapkan membawa dampak dan manfaat bagi masyarakat,” ujar Rusdi.

Kemah bakti ini diikuti 500 kader Ansor Banser Sulsel dari 20 pimpinan cabang se Sulsel. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari mulai 27 sampai 29 Desember 2019.

Kemah Bhakti diawali dengan tadabbur alam yang dipandu oleh Habib Abdul Malik Assegaf.

Kemudian dilanjutkan dengan apel dan berbagai lomba skil dan ketangkasan, sosialisasi zakat, pembagian paket sembako kepada kaum dhuafa, pameran foto dengan tema bumi itu bulat.

Selain itu, pada kegiatan tersebut juga digelar acara zikir dan doa bersama dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Penasehat GP Ansor Sulsel Habib Syekh Abdurrahim Assegaf Puang Makka.

Baca Juga:  GP Ansor Sulsel Desak Polisi Segera Tangkap Pelaku Penyerangan Sekret PMII Makassar
Muhammad Fahri